Operasi Militer Israel di Gaza Tewaskan 50 Orang

by
July 10th, 2014 at 2:31 pm

CiriCara.com – Dalam dua hari terakhir ini pihak militer Israel kembali membombardir Gaza. Dilaporkan sebanyak 29 warga Palentina dimana 17 diantaranya merupakan perempuan dan anak-anak, tewas akibat serangan operasi militer Israel di Jalur Gaza, Rabu (9/7/2014).

jalur gaza

Puing-puing bangunan menghambur ke atas menyusul serangan Israel di jalur Gaza, (9/7/2014) – AP/Ariel Schalit

Militer Israel meningkatkan serangannya dalam dua hari terakhir terkait operasi yang disebut “Operation Protective Edge”. Operasi militer ini merupakan sebuah misi untuk menghadang Hamas menembakkan roket ke negara Yahudi itu.

Namun tidak hanya mengenai militan Hamas, sejumlah anak-anak dan perempuan pun ikut menjadi korban dari operasi militer tersebut. Dilaporkan badan layanan darurat setempat, jumlah korban tewas secara keseluruhan dalam dua hari terakhir mencapai 50 orang.

Sementara itu, ratusan orang lainnya pun dilaporkan mengalami luka-luka. “Setidaknya dari lima serangan udara Israel, semua korban tewas adalah perempuan dan anak-anak,” demikian kata juru bicara badan layanan darurat Ashraf al-Qudra, seperti dilansir AFP.

Pada Rabu Sore, sebuah rudal militer Israel mengenai sebuah rumah di Al Maghazi yang merupakan kamp pengungsi di bagian pusat Gaza. Diketahui seorang ibu bersama dengan 4 anaknya tewas akibat serangan tersebut.

Sementara itu serangan di Timur Kota Gaza, Shejaiya, juga menewaskan 2 anak bersaudara, berusia 12 dan 13 tahun. Seorang ibu dengan anaknya yang baru berusia 18 bulan pun tewas akibat serangan udara Israel di perumahan Zeitun.

Pada Rabu dini hari, serangan udara Israel di Beit Hanun berhasil menewaskan seorang komandan perang kelompok Islamic Jihad, Hafez Hammad. Namun, serangan tersebut juga menewaskan lima anggota keluargnya termasuk di antaranya adalah dua perempuan.

Seorang nenek berusia 80 tahun pun dilaporkan tewas akibat tertimbun reruntuhan rumahnya yang rusak akibat serangan Israel di Gaza bagian tegah. Masih di wilayah yang sama, seorang pria usia lanjut dan anaknya pun dilaporkan tewas.

Operasi militer Israel yang diberi nama “Operation Protective Edge” yang dimulai sejak Selasa (8/7/2014) itu telah menggempur 550 target di sekitar Gaza. Titik-titik serangan tersebut diduga merupakan markas para militan Hamas yang akan menyerang Israel.

Sementara itu, Hamas dikabarkan telah menembakkan 170 rudal dari Gaza menuju Israel. Sebanyak 45 di antaranya mengenai pusat-pusat sejumlah kota, termasuk di antaranya Jerusalem dan Tel Aviv. Namun, Israel melaporkan bahwa tidak ada korban jiwa di pihaknya.

Tidak hanya lewat udara, kabarnya Israel pun tengah bersiap untuk melakukan serangan darat. Seorang juru militer mengatakan bahwa angkatan darat sedang menyiapkan pasukan cadangan untuk kemungkinan misi darat.

(YG)

Comment di sini