6 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

by
July 11th, 2014 at 10:49 am

CiriCara.com – Kopi memiliki sejarah panjang dalam hal mengakibatkan berbagai macam penyakit, mulai dari memperlambat pertumbuhan manusia hingga menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Namun beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi tidaklah seburuk itu. Selain bermanfaat untuk mengusir ngantuk, ternyata kopi juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

kopi nikmat1. Hanya mitos

Studi telah menemukan bahwa tidak ada korelasi antara kopi dengan kanker atau penyakit jantung, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kopi termasuk perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker.

Anggapan ini muncul sebenarnya dikarenakan tipikal peminum kopi. Peminum kopi, khususnya yang kelas berat, cenderung seorang perokok dan sedikit melakukan aktivitas fisik, tepatnya olah raga. Tipe peminum kopi seperti ini yang rawan terhadap bahaya penyakit jantung dan kanker.

2. Antioksidan nomor satu

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Scranton, dan kemudian diterbitkan oleh American Chemical Society, perkumpulan masyarakat ilmiah terbesar di dunia, tahun 2005 menyatakan “that steaming cup of Java is also the number one source of antioxidants in the US.

Meskipun buah-buahan dan sayuran umumnya dipromosikan sebagai sumber antioksidan yang dianjurkan, namun kepopuleran dan citarasa kopi mengalahkan buah-buahan dan sayuran sebagai sumber antioksidan nomor satu bagi kebanyakan masyarakat Amerika. Penelitian tersebut juga menambahkan kedua versi kafein dan non-kafein memberikan tingkat antioksidan yang sama.

3. Melawan Parkinson

Terdapat beberapa penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kafein bisa mengurangi gejala Parkinson. Dan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh American Academy of Neurology menambahkan bahwa kafein bisa membantu movement symptoms pada orang yang sudah menderita Parkinson.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein mampu memblok sinyal otak yang rusak pada penderita Parkinson. Pihak peneliti menyatakan meskipun kafein tidak bisa dimasukkan pada kategori alat pengobatan bagi penderita Parkinson, namun kafein bisa menjadi bahan pertimbangan dengan ahli saraf penderita Parkinson sebagai salah satu alat perawatan.

4. Bagus untuk hati

Studi yang diterbitkan pada tahun 2006, dengan subyek penelitian berumur di atas 22 tahun, menunjukkan bahwa setidaknya secangkir kopi perhari dapat mencegah 20% perkembangan sirosis hati—penyakit pada sistem kekebalan karena konsumsi alkohol berlebihan yang menyebabkan kegagalan hati dan kanker.

Comment di sini