Foto: Akhirnya TV One Siarkan Quick Count Menangkan Jokowi

by
July 11th, 2014 at 9:17 am

Jakarta (CiriCara.com) – Belakangan ini stasiun televisi milik Aburizal Bakrie (Ical), TV One terus menjadi perhatian masyarakat karena hanya menayangkan hasil quick count yang memenangkan Prabowo-Hatta. Padahal sebagian besar stasiun televisi lainnya menayangkan hasil quick count yang memenangkan Jokowi-JK.

quick count litbang kompas

TV One tayangkan hasil quick count kemenangan Jokowi-JK – Ist

TV One diketahui menggunakan hasil hitung cepat (quick count) dari 4 lembaga survei, yakni Puskaptis, IRC, Lembaga Survei Nasional, dan Jaringan Suara Indonesia. Belakangan diketahui bahwa ke-4 lembaga tersebut masih diragukan kredibilitasnya.

Namun, di media sosial Twitter beredar foto dimana TV One sudah menayangkan quick count yang memenangkan Jokowi-JK. Dalam foto tersebut, TV One menampilkan hasil quick count yang dikeluarkan oleh Litbang Kompas, dimana Prabowo-Hatta mendapat 47,66% sementara Jokowi-JK 52,34%.

Menurut salah satu pengguna Twitter, foto tersebut diambil sekitar pukul 11.00 siang kemarin. “Hoahahaha…. akhirnya bertobat (foto taken jam 11-an hari ini),” ujar akun Twitter @qing536, Kamis (10/7/2014) kemarin.

Beredarnya foto tersebut pun menarik perhatian sejumlah pengguna Twitter lainnya. Mereka mengapresiasi TV One karena akhirnya menyiarkan hasil quick count yang memenangkan Jokowi-JK. Padahal sebelumnya, TV One selalu menyiarkan quick count kemenangan Prabowo-Hatta.

“Bagus TVOne sudah tayangkan survey yg Jokowi menang,” tulis akun Twitter @BilanganFu.

Seperti diketahui, TV One merupakan televisi milik keluarga Aburizal Bakrie (Ical). Dimana Ical telah berkoalisi dengan partai pengusung pasangan Prabowo-Hatta. Tak heran jika televisi Piala Dunia 2014 itu lebih sering menyiarkan quick count kemenangan Prabowo.

Namun, kabarnya akibat menayangkan hasil quick count yang memenangkan Prabowo-Hatta itu, saham PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) yang menaungi TV One anjlok. Di media sosial pun ramai dibahas kejanggalan-kejanggalan hasil quick count yang tayang di TV One.

Diantaranya ada yang menemukan kejanggalan dimana jumlah presentase hasil quick count Prabowo-Hatta dengan Jokowi-JK jumlahnya melebihi 100%. Jelas hal itu memicu kecurigaan masyarakat tentang keakuratan hasil quick count tersebut.

tv one

Kejanggalan hasil quick count yang ditayangkan di TV One – Ist/Twitter

Selain TV One, televisi yang berada di bawah naungan MNC Group, yakni RCTI, MNC TV, dan Global TV pun mengalami hal yang serupa. Media milik Hary Tanoe ini pun jadi pembicaraan pengguna Twitter karena menayangkan quick count yang memenangkan Prabowo-Hatta. (YG)

Comment di sini