Tips Buat Anda yang Ingin Membeli Mobil

by
July 11th, 2014 at 3:46 pm

CiriCara.com – Banyak orang menjadi stres ketika membeli mobil, tetapi sebenarnya tidak perlu seperti itu. Membeli sebuah mobil adalah suatu proses, dan proses tersebut bisa menjadi suatu pengalaman berharga. Berikut tips membeli mobil yang bisa membuat pengalaman berbelanja mobil lebih berharga dan Anda bisa mengendarai mobil baru dengan rasa puas.

membeli mobil

Tips membeli mobil – Ist

Negosiasi panjang

Jika Anda tidak bernegosiasi dengan dealer mobil, itu sama saja dengan membuang uang. Harga yang diiklankan sebaiknya tidak dibayar, sebaiknya usahakan bernegosiasi di bawah harga yang tertempel. Lakukan riset online untuk mendapatkan kisaran harga yang sebenarnya dari mobil incaran Anda, sebagai pedoman saat Anda bernegosiasi.

Jangan terburu-buru dalam memutuskan pilihan, luangkan waktu lebih banyak di dealer mobil. Apabila Anda masih ragu namun tidak memiliki waktu banyak hari itu, Anda bisa kembali lagi keesokan harinya. Lakukan negosiasi semaksimal mungkin untuk mendapatkan potongan harga. Seperti coba minta pihak dealer untuk memotong biaya iklan dari harga mobil, Anda tidak perlu membayar biaya ini.

Jaminan 90% bahwa pihak dealer mobil tidak ingin Anda pergi dari transaksi ini. Selalu berikan tawaran Anda, dan bisa jadi mereka akan menanyakan tawaran tersebut kepada manager mereka. Mereka sangat ingin mencapai kesepakatan dan tidak ingin membuang percuma waktu mereka.

Manfaatkan teman

Kalau bisa ajak teman bersama dengan Anda. Fungsi dari teman ini bisa beragam, seperti apabila Anda bukan negosiator yang baik, gunakan jasa gratis dari teman tersebut. Dealer mobil umumnya akan mengucapkan kata-kata manis yang bisa mempengaruhi keputusan Anda. Oleh karena itu, set suatu kondisi dengan teman Anda dimana dia akan menjadi umpan untuk mendengarkan kata-kata manis dari dealer, sementara Anda bisa mengamati mobil dan melakukan pertimbangan dengan akal sehat tanpa pengaruh dari orang lain.

Apabila Anda sedang berbelanja mobil bekas dan kurang mengerti tentang mobil, ajak teman yang ahli dalam bidang tersebut, atau Anda juga bisa mengajak mekanik langganan Anda yang sudah terpercaya. Apabila pihak dealer tidak memperbolehkan Anda melakukan cek mesin dan lain-lain, segera belanja di tempat lain.

Jangan bawa mobil mewah ke dealer

Saat pergi ke dealer mobil, jangan berangkat dengan mobil mewah. Apabila pihak dealer melihat Anda tiba dengan mobil mahal, jelas mereka akan segera menilai Anda memiliki banyak uang dan memberikan harga mahal pada Anda.

Test drive

Test drive sangat penting. Bahkan jika Anda merasa sudah menemukan yang Anda cari dan ingin segera membawanya pulang, tetap lakukan test drive selama beberapa menit. Mengemudikannya adalah cara terbaik untuk benar-benar merasakan apakah mobil tersebut yang Anda cari. Mobil dengan tampilan yang Anda dambakan belum tentu sesuai dengan sensasi mengemudi yang Anda inginkan.

Belanja di akhir bulan

Ingat bahwa pada umumnya sales memiliki kuota target bulanan. Itulah mengapa sebaiknya Anda berbelanja di akhir bulan. Sales mobil pasti sangat ingin melakukan penjualan pada Anda demi memenuhi target mereka, dan karena itu sangat mungkin sebuah transaksi dengan harga spesial bisa Anda dapatkan.

Pameran otomotif

Untuk Anda yang belum memiliki keputusan mobil apa yang Anda cari, pameran otomotif adalah tempat yang tepat untuk menemukan berbagai macam mobil. Dan umumnya pameran juga membandrol harga spesial pada setiap produk mereka.

Seni trade-in

Jangan menyebutkan bahwa Anda akan melakukan pembelian trade-in. Tanya dan negosiasikan harga baru terlebih dahulu sebelum Anda mengatakan akan melakukan trade-in dengan mobil lama Anda. Apabila Anda menunggu hingga mendapat harga pasti dalam suatu negosiasi, maka Anda akan benar-benar mendapatkan nilai dari trade-in tersebut.

Dan tips terakir adalah pastikan Anda benar-benar memperhatikan keseluruhan dari mobil yang akan Anda beli, serta pastikan pelayanan servis atau bengkel mudah ditemukan atau tidak jauh dari rumah Anda. Karena begitu Anda membayar mobil tersebut, Anda juga membeli masalah dan ketidaksempurnaan yang ada padanya.

Comment di sini