Tren Laki-Laki Memasak Semakin Menjamur

by
July 11th, 2014 at 1:38 pm

CiriCara.com – Memasak memang sangat identik dengan pekerjaan kaum perempuan, terutama ibu rumah tangga. Zaman dahulu perempuan memang selalu dikaitkan dengan kegiatan mengolah masakan dan dapur, bahkan hal tersebut merupakan suatu kewajiban bagi mereka pada zaman tersebut.

hobi memasak

Pria yang hobi memasak di dapur – Ist

Namun, beberapa tahun belakangan ini anggapan mengenai memasak adalah tugas perempuan seolah sirna begitu saja. Juru masak atau koki pria dengan kemampuan yang sangat terampil beberapa tahun belakangan ini mulai menjamur hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia tercinta.

Dengan keterampilan yang hebat dan kebanyakan dari mereka berwajah tampan, koki-koki ini sukses mengambil hati banyak masyarakat. Bahkan saat ini banyak sekali bermunculan program-program memasak di televisi yang menampilkan koki-koki pria berpenampilan menarik dan tentunya jago dalam hal masak memasak.

Saat ini sudah banyak acara-acara masak di televisi yang menjadikan koki pria sebagai pembawa acaranya. Hal ini dianggap menarik karena umumnya mayoritas ibu-ibu akan lebih memperhatikan acara tersebut apalagi jika si pengarah resep merupakan koki pria yang ganteng.

Dulu saya sempat heran mengapa kebanyakan koki-koki handal yang bekerja di restoran ternama dan hotel bintang lima didominasi oleh pria. Ternyata konon katanya, dua alasan yang saya dapatkan mengacu pada peralatan yang digunakan di dapur restoran dan hotel bintang lima itu berat, sehingga membutuhkan tenaga untuk menjadi koki yang harus cepat menyajikan pesanan tamu.

Alasan lainnya karena memasak sangat dipengaruhi oleh emosi si koki itu sendiri, jika sedang bad-mood wanita cenderung sulit mengontrol emosinya, sehingga ditakutkan nanti hasil masakan yang dibuat kurang maksimal. Well, alasan itu sih yang sering kali terdengar di masyarakat.

Di Indonesia nama-nama seperti Rudy Choirudin, William Wongso, Edwin Law, Juna Rorimpandey, Chef Degan, Arnold Purnomo, Billy Kalangi, dan Bara Pattiradjawane sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Keterampilannya dalam mengolah masakan dan penampilan yang menarik memberikan inspirasi bagi para pecinta masak di Indonesia.

Baca juga: Cara Membuat Candy Pop ala Chef Degan.

Wajah-wajah para koki pria tersebut memang sering nongol di sejumlah acara televisi. Tak heran, kini masyarakat punya pandangan berbeda terhadap “si tukang masak” tersebut. Anggapan bahwa koki pria pasti kemayu hampir sudah tidak pernah terdengar lagi seiring masyarakat yang memiliki pemikiran terbuka terhadap hal-hal seperti ini.

Sebagai perempuan yang hobi memasak saya memandang fenomena tren koki pria ini sebagai salah satu hal yang wajar dan bahkan bisa memberikan motivasi lebih dalam belajar masak. Selama mereka semua memiliki keterampilan dan kemampuan yang memenuhi syarat sebagai seorang koki, pria atau wanita bukanlah masalah besar. Tergantung bagaimana hasil yang mereka berikan ketika bekerja di dapur.

Comment di sini