Sudahkah Anda Mengenal Jakarta?

by
July 14th, 2014 at 10:27 am

CiriCara.com – Jakarta, sang ibu kota Negara yang terkenal dengan kota super sibuk, macet dan banjir. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa masih terdapat fakta menarik yang jauh dari anggapan Anda selama ini. Mau tau apa saja fakta-fakta menarik itu? Let’s check this out!

1. Ganti nama sebanyak 13 kali

jakarta

Keramaian di Kota Jakarta – Ist

Berawal dari sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kelapa, lalu berubah nama menjadi Jayakarta. Pada saat pemerintahan Belanda, ibukota Indonesia ini berganti nama menjadi Sta Batavia yang kemudian berubah lagi menjadi Gemeente Batavia pada 1905. Pada masa pendudukan Jepang 8 Agustus1942, nama Batavia diubah menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Namun setelah Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu, Kota Jakarta menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.

Begitupula di masa pemerintahan NICA, Jakarta kembali berubah nama menjadi Stad Gemeente Batavia. Baru genap sebulan, tepatnya pada 24 Maret 1950 menjadi Kota Praja Jakarta. Setelah kedudukan Jakarta dinyatakan sebagai daerah swatantra, maka pada 18 Januari 1958 dinamakan Kota Praja Djakarta Raya. Lalu di tahun 1961 dibentuklah Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.

2. Filosofi roti buaya (betawi punya)

Roti buaya khas Jakarta - Ist

Roti buaya khas Jakarta – Ist

Roti buaya yang biasanya dipakai sebagai simbol pada pernikahan warga asli Jakarta yaitu suku betawi merupakan simbol kesetiaan.

3. Tempat keren dan gratis, masih ada di Jakarta

Taman Situlembang, Jakarta - Ist

Taman Situlembang, Jakarta – Ist

Gemerlapnya Jakarta ternyata tidak melulu dapat ditukar dengan uang. Ternyata masih ada tempat-tempat wisata keren yang gratis bagi Anda yang doyan traveling namun kantong tipis. Adapun Taman Menteng di Jl. HOS Cokroaminoto, Taman Amir Hamzah di JL Matraman Dalam II, Taman Situ Lembang di Jl Lembang, dan Taman Suropati di Jl Diponegoro. Keempat taman ini terdapat di bilangan Jakarta Pusat. Masih kurang? Di Jakarta Selatan ada Taman Tanjung di Jl TB Simatupang, Taman Ayodya dan di Jakarta Barat ada taman kota yang tersembunyi, Taman Kota Tomang.

Selain itu ada juga museum keren yang gratis, Art Mon Decor di Jl Rajawali Selatan Raya No 3, Jakarta Pusat. Dari bagian luar museum ini, wisatawan akan dihadapkan dengan bangunan modern khas perkotaan. Seluruh lantai gedung ini, diisi dengan karya-karya seniman yang sudah kawakan. Setiap 3 bulan sekali, museum ini pun akan berganti tema.

Comment di sini