Ahok Bayar Zakat Rp 25 Juta Lewat Bazis

by
July 15th, 2014 at 3:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok ikut membayar zakat. Dana zakat tersebut diberikan Ahok melalui Badan Amal Zakat, Infak dan Shadaqah (Bazis) DKI Jakarta sebagai bentuk amal sosial.

basuki tjahaja purnama

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Ist

Zakat yang diberikan Ahok pada tahun ini adalah sebesar Rp 25 juta. Dana zakat tersebut diberikan dalam acara Peduli Ramadhan dan Penyerahan Pendayagunaan Hasil Zakat, Infak, dan Sedekah kepada para mustahik di Istora Senayan, Jakarta.

Menurut Cak Lontong, pembawa acara tersebut, dana zakat yang dikeluarkan Ahok untuk tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. “Pak Ahok, amal sosial tahun ini bertambah kalau dibandingkan tahun lalu, dari Rp 20 juta menjadi Rp 25 juta,” kata Cak Lontong.

Dalam acara tersebut, Ahok memberikan dana zakatnya secara simbolis kepada Kepala Bazis DKI Jakarta, Zubaidi Adih. Pada kesempatan itu, Ahok juga memberikan penghargaan kepada petugas-petugas operasional berprestasi.

Menurut Ahok, sumbangan dana zakat tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang yang tidak mampu. Ia mengatakan bahwa jika semua orang kaya mau membayar zakat atau mau menyumbangkan hartanya, maka tidak akan ada orang miskin di jakarta.

“Kalau semua orang kaya kasih penuh zakatnya, orang miskin di Jakarta nggak bakal ada, semua akan tuntas,” ujar Ahok yang juga merupakan mantan Bupati Belitung Timur, usai acara tersebut, Selasa (15/7/2014).

Selain Ahok, sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD), BUMD, dan pejabat DKI pun ikut menyalurkan zakatnya melalui Basiz DKI Jakarta. Dana zakat yang diberikan pun bermacam-macam, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Pada acara Peduli Ramadhan dan Penyerahan Pendayagunaan Hasil Zakat, Infak, dan Sedekah itu terkumpul dana sedekah sebesar Rp 3.873.750.000. Dana tersebut kemudian dibagikan kepada 7.140 mustahik (penerima zakat).

Dana tersebut dibagi menjadi beberapa pos dengan rincian, beasiswa SLTA/Aliyah untuk 2.375 orang, beasiswa S-1 untuk 2.265 orang, bantuan anak yatim untuk 1.100 orang, dan bantuan kaum dhuafa kepada 1.480 orang.

(YG)

Comment di sini