Banyaknya Manfaat Wasabi Dibalik Rasanya yang “Mengigit”

by
July 15th, 2014 at 9:47 am

CiriCara.com – Buat kamu yang suka mengkonsumsi sushi dan sashimi, sebagai penggemar kuliner Jepang kamu pasti tidak lagi asing dengan wasabi. Ya,”Cabe” ala negri sakura ini dikenal dengan sensasi rasa pedasnya yang “mengigit” dan unik. Rasa pedas yang mengigit di hidung dan hingga kepala yang memberikan sensasi berbeda ketika mengkonsumsi wasabi dibandingkan dengan ketika kamu mengkonsumsi kebanyakan jenis cabe lain yang biasa rasa pedasnya terkesan panas di bibir, mulut, tenggorokan, serta rasa panas di perut.

wasabi pada sushi

Wasabi (hijau) dan sushi – Ist

Ternyata di balik rasanya yang “menggigit”, wasabi memiliki manfaat tersendiri loh! Wasabi yang berwarna hijau dan biasanya berbentuk pasta ini mengandung zat Allyl isothiocyanate, yang bersifat antimikroba kegunaannya yaitu menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini yang membuat wasabi cocok untuk dikonsumsi dengan makanan mentah seperti sashimi dan sushi. Karena zat yang terkandung dalam wasabi inilah yang akan membantu menetralisir serta mematikan bakteri-bakteri berbahaya yang biasa terkandung pada masakan mentah yang belum dimasak atau belum dipanaskan pada suhu tertentu untuk mematikan bakteri yang terkandung di dalamya. Maka ada baiknya kamu membubuhkan sedikit wasabi ketika mengkonsumsi masakan mentah seperti sushi dan sashimi.

Sedikit yang tahu bahwa sebenarnya wasabi merupakan sebuah jenis tumbuhan sejenis lobak atau kubis yang tumbuh di dataran tinggi dengan suhu yang rendah. Sedangkan bagian yang biasa dimanfaatkan untuk diolah menjadi wasabi yang biasa kita konsumsi adalah akarnya yang berbentuk seperti lobak.

Beberapa manfaat dari akar wasabi yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat antara lain dapat mengaktifkan antioksidan dalam tubuh dan juga meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh kita tidak mudah terserang bakteri.

Akar wasabi juga dapat mengaktifkan fase enzim yang bermanfaat untuk detoks atau proses pengeluaran racun dari dalam tubuh sehingga dapat menangkal keracunan makanan yang disebabkan oleh mikroba dan juga membersihkan organ hati dengan cara membantu pembentukan cairan empedu.

Bukan hanya itu saja, wasabi juga bermanfaat bagi pencernaan dan dapat melindungi dari berbagai jenis kanker seperti kanker perut, kanker usus besar, dan kanker payudara, serta mengobati sakit gigi dengan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Secara general, wasabi dapat mematikan bakteri, menghentikan pertumbuhan bakteri, sehingga secara tidak langsung akan mengurangi bakteri jahat yang ada di tubuh kita, hal inilah yang membuat wasabi menjadi bermanfaat dan baik bagi kesehatan tubuh serta dapat menetralisir tubuh kita dari keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri.

Penggunaan wasabi ini tidak hanya dikonsumsi dengan ikan mentah, tapi juga bisa di oleskan langsung pada kulit. Selain dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh, wasabi juga digunakan untuk kesehatan kulit. Karena wasabi dapat mengaktifkan antioksidan, maka wasabi dipercaya dapat melindungi dan mengobati kulit dari radikal bebas. Hal ini yang membuat banyak industri perawatan kulit mulai mencampurkan wasabi ke dalam produk kecantikan yang mereka produksi. Diantaranya untuk facial dan perawatan tubuh.

Di negara asalnya, wasabi sudah dimanfaatkan untuk kesehatan dalam tubuh serta kesehatan kulit dan kecantikan. Wasabi sangat populer dan dikonsumsi sehari-hari sebagai penyedap rasa dalam makanan sehari-hari, mereka bahkan menggunakan wasabi sebagai perasa makanan ringan bahkan es krim!

Apakah kamu merasa tertarik untuk mencicipi keunikan dari rasa wasabi ini? Rasakan sensasi uniknya yang menggigit dan manfaatnya yang dasyat! Selamat mencoba!

 

Comment di sini