Cara Tepat Redakan Sakit Tenggorokan

by
July 15th, 2014 at 8:45 am

CiriCara.com – Sering merasa tenggorokan kita sakit? Jangan remehkan rasa sakit itu. Karena ternyata, sakit tenggorokan bisa jadi gejala dari banyak penyakit. Apa saja penyebabnya? Dan pertolongan pertama apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan tenggorokan kita?

tenggorokan sakit

Sakit tenggorokan – Ist

Banyak Sebab

Selama ini kita hanya tahu kalau sakit tenggorokan itu disebabkan sering minum es, makan pedas, gorengan, atau jadi perokok pasif. Tapi ternyata, secara medis, sakit tenggorokan punya beberapa penyebab lain yang tanpa kita sadari menjadi penyebab rasa sakit tenggorokan yang kita rasakan, yaitu:

• Virus. Infeksi tenggorokan karena virus biasanya diikuti dengan penyakit lain seperti batuk atau flu. Yang paling umum menyerang adalah virus Epstein-Barr (biasa disebut infeksi mononucleosis). Virus ini bisa mempengaruhi sistem limpa, pembengkakan amandel dan pembuluh di leher, bahkan bikin penderitanya kesulitan bernafas. Penularannya lewat ludah, dari mulut ke tangan atau sebaliknya, juga melalui penggunaan handuk atau alat makan bersama. Parahnya, virus ini bisa menyerang hati dan menyebabkan penyakit kuning atau hepatitis.

• Bakteri. Bakteri penyebab sakit tenggorokan punya “ekor” penyakit serius yang lebih mengerikan. Salah satu yang paling sering menyerang adalah bakteri streptococcus, yang membuat radang tenggorokan disertai kerusakan klep jantung dan ginjal (nephritis), tonsilitis atau infeksi amandel dibelakang tenggorokan, radang paru-paru, sinusitis dan infeksi telinga. Kalau sakit tenggorokan yang sering kita rasakan disertai rasa sakit ketika menelan sampai menyebabkan air liur keluar, kesulitan bicara (terutama kata-kata yang mendengung), atau kesulitan dalam bernafas, sebaiknya kita harus segera ke dokter. Karena kemungkinan kita terkena penyakit tenggorokan langka dan berbahaya.

•Alergi dan iritasi. Ini dia yang menjadi penyebab sakit tenggorokan ringan. Debu, polusi, makanan pedas dan berminyak, makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin, serta cuaca ekstrem bisa membuat tenggorokan sering sakit. Bernafas lewat mulut karena hidung tersumbat juga bisa bikin tenggorokan sakit. Apabila Anda merasakan alergi atau iritasi karena debu dan polusi yang disebabkan asap kendaraan bermotor, ada baiknya Anda menggunakan masker ketika keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah.

•Reflux. Laryngo-pharyngeal reflux (LPR) salah satu penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan. Gejalanya sakit tenggorokan pada pagi hari, kita jadi sering mengeluarkan dahak karena tenggorokan dalam keadaan kotor, dan kadang kita seakan merasakan ada benjolan dan rasa asam pada tenggorokan.

Redakan Segera

Berikut adalah beberapa cara untuk meredakan sakit tenggorokan seketika yang bisa Anda lakukan di rumah:

• Berkumur dengan air hangat yang dicampur 1/4 sendok teh perasan kunyit dan ½ sendok teh garam dalam satu gelas.
• Bila Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, potong beberapa ruas, lalu kupas dan jus daging lidah buaya dengan tambahan sedikit air. Pakailah jus itu untuk berkumur 2-3 kali sehari.
• Minum air putih hangat ditambah 2 sendok makan perasan lemon, tanpa gula. Minumlah 2-3 kali sehari sekitar 30-60 menit sebelum makan. Resep ini merupakan salah satu resep yang sudah turun temurun diwariskan dan dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.
• Minum campuran perasan air jeruk nipis yang diberi madu dan parutan jahe.
• Atau, coba minum segelas susu hangat dengan campuran madu yang bisa meredakan sakit dan nyeri pada tenggorokan.

Apabila cara-cara alami dan tradisional di atas tidak bisa menghilangkan rasa sakit, itu tandanya ada penyakit lain yang menyebabkan sakit tenggorokan. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari meminum sembarangan obat yang dijual di pasaran, karena bisa menyebabkan gangguan pada ginjal dan hati.

Comment di sini