Ini Dialog Quraish Shihab Sebut Rasulullah Tak Dijamin Surga

by
July 16th, 2014 at 2:18 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Nama Quraish Shihab mendadak jadi pembicaraan publik khususnya para pengguna media sosial. Pasalnya, pakar hadis terkemuka di Indonesia ini sempat menyinggung bahwa Nabi Muhammad SAW tidak dijamin masuk surga.

pakar hadis quraish shihab

Quraish Shihab – Ist

Quraish Shihab menyampaikan pernyataan tersebut saat menjadi nara sumber di acara “Tafsir Al-Misbah” yang tayang di Metro TV, Sabtu (12/7/2014), lalu. Sontak, hal ini pun menjadi kontroversi di kalangan masyarakat.

Dari rekaman yang diunggah ke Youtube, saat ditanya soal Rasulullah yang dijamin masuk surga, Quraish Shihab membantahnya. Menurut alumnus Universitas Al Azhar Kairo ini, surga adalah hak prerogratif Tuhan.

Berikut kutipan dialog Quraish Shihab yang jadi kontroversi, seperti dikutip dari Republika.co.id:

Tidak benar. Saya ulangi tidak benar bahwa Nabi Muhammad mendapat jaminan Surga. Surga itu hak prerogratif Allah. Memang kita yakin bahwa Beliau mulia. Mengapa saya katakan begitu? Karena ada seorang sahabat Nabi dikenal orang, terus teman-teman di sekitarnya berkata ‘bahagialah Engkau akan mendapat surga’. Kemudian Nabi dengar, siapa yang bilang begitu, Nabi berkata, tidak seorang pun orang masuk surga karena amalnya, dia berkata baik amalnya akan masuk surga, surga adalah hak prerogratif Tuhan,” ujar Quraish Shihab.

“Kalau ditanya, kamu pun tidak wahai Muhammad? Kecuali kalau Allah menganugerahkan rahmat kepada saya. Jadi kita berkata, kita berkata dalam konteks surga dan neraka tidak ada yang dijamin Tuhan, kecuali kita katakan bahwa Tuhan menulis di dalam kitab sucinya bahwa yang taat itu akan dapat surga. Ada ayatnya,” tambah Quraish Shihab.

Penjelasan Quraish Shihab tersebut pun sempat ramai diberitakan di sejumlah lini masa. Di media sosial, Twitter juga banyak yang mempertanyakan dalil Quraish Shihab sehingga mengatakan hal-hal seperti di atas.

Berikut video cuplikan acara Tafsir Al-Misbah yang tayang di Metro TV:

(YG)

Comment di sini