Sebut Rasul Tak Dijamin Masuk Surga, Ini Klarifikasi Quraish Shihab

by
July 16th, 2014 at 4:45 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Pakar tafsir Al-Quran dan hadis, Quraish Shihab akhirnya memberikan klarifikasi terkait dialognya dalam tayangan Tafsir Al-Misbah di Metro TV, Sabtu 12 Juli 2014, lalu. Pasalnya ucapan Quraish yang menyatakan Nabi Muhammad SAW tidak dijamin masuk surga kini menjadi kontroversi.

quraish shihab

Quraish Shihab – Ist

Melalui situs resminya, Quraishshihab.com, ulama berusia 70 tahun itu menuliskan klarifikasinya. Ia menjelaskan bahwa dialognya saat itu hanya bermaksud untuk menjelaskan bahwa amal bukanlah sebab masuk surga.

Quraish mengaku memberikan penjelasan tersebut berdasarkan hadis; Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya, “Engkau pun tidak (Nabi Muhammad SAW)?” Beliau menjawab, “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku”.

Terkait penyataannya yang menyebut Nabi Muhammad tidak dijamin masuk surga, Quraish mengatakan pernyataan itu belum selesai. Quraish mengaku pada episode yang sama dirinya juga telah menjelaskan bahwa Allah telah menjamin Rasul dengan anugerah-Nya.

“Saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampai beliau puas, yang kita pahami sebagai surga dan apa pun yang beliau kehendaki. Wa la sawfa yuthika rabbuka fa tharda,” tulis Quraish di klarifikasinya yang diberi judul “Tentang Tayangan Tafsir al-Misbah 12 Juli 2014.”

Dalam klarifikasinya, Quraish pun menyebutkan bahwa apa yang membuat heboh publik selama ini karena pernyataannya dipelintir, dikutip sepotong, dan diartikan di luar konteks. Sehingga pemahaman dari dialog yang ia sampaikan berbeda dari maksud yang sebenarnya.

Quraish berharap kesalahpahaman itu muncul karena ketidaktahuan si penyebar, bukan niat untuk memfitnah dirinya. “Mudah-mudahan yang menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan bukan bermaksud memfitnah,” ujar Quraish menutup tulisan klarifikasinya di situs resminya.

(YG)

Comment di sini