Tips Mencuci Baju di Bulan Ramadhan

by
July 16th, 2014 at 10:10 am

CiriCara.com – Bulan Ramadhan telah tiba! Pada bulan suci ini umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa sedari matahari terbit hingga terbenam. Menahan lapar dan dahaga memang tidak mudah. Meski demikian jerih payah tersebut langsung tergantikan oleh rasa nikmat yang luar biasa pada saat kita menyantap hidangan berbuka.

mencuci baju

Mencuci baju – Ist

Bulan Ramadhan memang identik juga dengan pengalaman kuliner. Setiap keluarga pasti telah memiliki makanan khas berbuka yang sudah menjadi tradisi tahunan. Mulai dari opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng udang, ati dan kentang hingga kolak dan es cendol.

Makanan dan minuman khas bulan puasa pada umumnya banyak mengandung santan, pewarna alami, seperti kunyit atau minyak-minyakan. Jadi hati-hati jangan sampai ada yang mengenai baju atau tercecer ke taplak meja. Tapi kita memang tidak bisa mencegah kecelakaan-kecelakaan kecil seperti itu. Jadi simak lebih lanjut untuk mengetahui tips mencuci baju di bulan Ramadhan.

Mesin Cuci yang Bagus

Kita tentunya ingin menyimpan tenaga kita selama bulan puasa untuk beribadah dan bukannya untuk mencuci pakaian yang semakin menggunung. Kuncinya adalah dengan memanfaatkan mesin cuci Anda di rumah. Karena tugas dari mesin cuci memang untuk meringankan pekerjaan rumah tangga kita. Apalagi mesin cuci sekarang sudah bagus-bagus dan modern sehingga hampir semua noda dapat diatasi olehnya.

Fungsi Pre-wash

Lalu mesin cuci seperti apa yang bagus untuk menangani noda? Pertama, pastikan bahwa mesin cuci tersebut memiliki fungsi pre-wash. Fungsi ini merendam pakaian Anda di dalam air deterjen sebelum siklus pencucian dimulai. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi merendam dan mengucek pakaian yang terkena noda dengan tangan.

Untuk noda makanan seperti minyak, santan atau kunyit, Anda cukup menggunakan deterjen cair anti noda yang Anda masukkan ke dalam laci. Deterjen cair memang lebih efektif untuk pengangkatan noda karena lebih mudah meresap ke serat kain dibandingkan deterjen bubuk. Mesin cuci yang bagus memiliki slot deterjen yang terpisah untuk tahap pre-wash dan tahap pencucian.

Mesin Cuci 2 atau 1 Tabung

Mesin cuci saat ini bisa dikategorikan menjadi dua model yaitu mesin cuci 2 tabung dan mesin cuci 1 tabung. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

2 tabung pada mesin cuci 2 tabung memiliki 2 fungsi. 1 tabung digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian dan 1 tabung lagi digunakan untuk memeras pakaian atau proses spinning. Mesin cuci 2 tabung harganya relatif lebih murah. Selain itu daya listriknya pun lebih rendah.

memakai mesin cuci

Mesin cuci – Ist

Tetapi ada satu kekurangannya yaitu Anda harus memindahkan sendiri cucian dari satu tabung ke tabung lainnya ketika proses pencucian telah selesai. Hal ini tentunya tidak praktis dan cukup menguras tenaga terutama untuk kita yang berpuasa.

Mesin cuci yang dapat lebih menghemat tenaga kita memang mesin cuci 1 tabung yang telah menggabungkan fungsi pencucian, pembilasan dan pengeringan di dalam 1 tabung. Harganya memang relatif lebih mahal tetapi kita dapat melihatnya sebagai investasi karena mesin cuci dapat meringankan kegiatan mencuci kita selama bertahun-tahun.

Kalau Anda masih ragu antara mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung, dapatkan informasi lebih banyak di sini mengenai perbedaan keduanya.

Comment di sini