4 Risiko Membeli Tiket Mudik Lewat Calo

by
July 17th, 2014 at 11:43 am

CiriCara.com – Setiap menjelang Idul Fitri atau Lebaran pasti banyak orang berburu tiket angkutan untuk pulang kampung atau mudik. Tiket angkutan umum seperti bus dan kereta api selalu menjadi yang paling banyak dicari. Akibatnya, marak terjadi praktik calo.

tiket mudik

Antri tiket mudik – Ist

Terkadang ada pemudik yang terpaksa membeli tiket dari calo karena di loket atau tempat pembelian tiket resmi sudah habis. Namun ada juga pemudik yang memang sengaja membeli tiket dari calo karena tidak mau repot-repot mengantri.

Membeli tiket lewat calo memang menawarkan kemudahan dan jauh lebih simpel. Anda tidak perlu berdesak-desakan dengan calon pembeli lain hanya untuk mendapatkan tiket mudik. Tapi tahu kah Anda, ternyata membeli tiket lewat calo juga memiliki risiko?

Berikut risiko membeli tiket mudik Lebaran lewat calo:

1. Merampas hak orang lain

Dengan membeli tiket dari calo, Anda secara tidak langsung telah merampas hak orang lain. Terkadang ada orang yang sudah lama mengantri melalui loket namun ternyata tiketnya sudah habis karena ada calo yang sengaja memborong untuk dijual kembali kepada Anda.

Jelas Anda telah ikut serta dalam merampas hak orang yang telah mengantri tersebut. Apakah Anda tega?

2. Muncul masalah baru

Membeli tiket dari calo berisiko menimbulkan masalah baru. Hal ini karena beberapa PO bus ataupun pihak stasiun kereta api sudah menerapkan sistem “boarding pass”. Itu artinya, jika nama yang tertera di tiket tidak sama dengan identitas Anda, tiket tidak bisa digunakan.

Itu artinya, Anda bisa terancam gagal mudik.

tiket untuk pulang kampung

Antrian calon pembeli tiket mudik – Ist

3. Harga lebih mahal

Membeli tiket dari calo sebenarnya jauh lebih mahal dari harga asli yang dijual di loket resmi. Para calo biasanya memanfaatkan momen mudik untuk meraup keuntungan dengan menaikan harga tiket dua kali lipat dari harga aslinya. Itu artinya, Anda harus mengeluarkan uang lebih.

4. Rawan penipuan

Berhati-hati jika Anda ingin membeli tiket mudik dari para calo. Pasalnya saat ini banyak calo yang menjual tiket palsu PO bus atau kereta api yang sudah bangkrut, alias tidak beroperasi lagi. Jangan sampai Anda membeli tiket yang ternyata tidak ada armada pengangkutnya.

Itulah beberapa risiko yang bisa menimpa Anda jika membeli tiket mudik lewat calo. Lebih baik beli tiket di agen atau loket resmi yang lebih pasti agar Anda tidak jadi korban penipuan. (YG)

Comment di sini