Cara Agar Tidak Kena Macet Saat Mudik

by
July 17th, 2014 at 9:29 am

CiriCara.com – Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi kegiatan rutin setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Hampir semua orang yang merantau ke sejumlah kota besar pasti ingin mudik. Tak heran, kemacetan selalu terjadi di jalur-jalur mudik.

mudik macet

Kemacetan saat arus mudik – Ist

Kemacetan di jalur mudik memang tidak bisa dihindari. Hal ini mengingat jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi masih cukup tinggi, khususnya pemudik yang memakai sepeda motor. Kemenhub sendiri sudah mengadakan mudik gratis untuk mengurangi jumlah pemudik sepeda motor.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin kena macet saat mudik Lebaran, ada baiknya menyimak beberapa saran dari Direkrut Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Restu Mulia Budianto berikut ini:

1. Baik pengemudi maupun pemudik harus mempersiapkan kondisi tubuh yang fit. Periksa juga kesiapan serta kondisi kendaraan mudik dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan stabil.

2. Kuasai dan pelajari peta jalur mudik ke daerah yang ingin dilalui serta pilih jalur-jalur alternatif terdekat yang telah disediakan oleh petugas di lapangan.

3. Bawa dana ongkos mudik dan dana pendamping. Pastikan juga bahan bakar kendaraan Anda selalu dalam keadaan penuh demi menghindari kendaraan mati di tengah perjalanan.

4. Usahakan mudik lebih awal. Biasanya puncak arus mudik terjadi pada H-3 dan H-2, Anda bisa berangkat sebelum hari tersebut.

5. Selalu taati dan patuhi peraturan lalu lintas.

6. Ada baiknya pilih transportasi umum untuk mengurangi jumlah kendaraan di jalan raya agar tidak macet. Anda pun bisa lebih santai jika terjebak macet nantinya.

Lebih lanjut, Kombes Restu Mulia menjelaskan bahwa terdapat sejumlah titik rawan kemacetan saat mudik. Titik-titik tersebut adalah kawasan Jalur Pantai Utara (Pantura), Jalur Perbatasan Wilayah Tangerang, dan perbatasan Bekasi Timur.

Menurut Kombes Restu Mulia, untuk mengawal arus mudik, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya rencananya akan menurunkan tiga pasukan setingkat kompi (SSK) yang berjumlah 280 orang personel. Nantinya, petugas akan berusaha untuk mengantisipasi kemacetan.

(YG)

Comment di sini