Video: Kecurangan Penghitungan Suara di TPS 01 Sukoharjo

by
July 17th, 2014 at 8:50 am

Sukoharjo (CiriCara.com) – Penghitungan suara di TPS 01 Desa Dukuh, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ternyata diwarnai kecurangan. Aksi curang dengan merusak kertas suara Pilpres 2014 itu berhasil direkam oleh salah seorang warga setempat.

pilpres 2014

Kertas/surat suara Pilpres 2014 – Ist

Dari video yang diunggah ke Youtube pada 13 Juli 2014, terlihat jelas seorang anggota KPPS perempuan tengah membuka kertas suara yang telah dicoblos warga untuk kemudian diberikan kepada petugas dan diperlihatkan ke saksi serta warga yang hadir.

Terlihat pertugas perempuan itu membuka dan memperhatikan capres mana yang dicoblos warga. Entah karena apa, kemudian si petugas perempuan terlihat menekan kertas suara dengan jari jempol kanannya. Diduga ini adalah tindakan pengrusakan kertas suara.

Pengrusakan tersebut dilakukan berkali-kali. Ia menutupinya dengan cara menumpuk kerta suara yang disisihkan dan kemudian di balik tumpukkan tersebut jari tangannya menyelip ke dalam dan menekan salah satu gambar capres.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukoharjo Subakti A Sidik mengaku tidak mengetahui kejadian tersebut. Menurutnya, saat proses pemungutan suara 9 Juli lalu, tidak ada warga maupun saksi yang protes ataupun melaporkan adanya kecurangan.

Terkait video yang muncul di Youtube, Subakti mengaku sudah melakukan penyelidikan. Pihaknya telah memanggil si perekam video dan juga petugas KPPS yang diduga telah melakukan kecurangan tersebut.

Kami sudah memanggil pengambil gambar video, PPL dan Ketua KPU dan petugas KPPS untuk klarifikasi. Kami masih melakukan penyelidikan dan klarifikasi,” ujar Subakti, Rabu (16/7/2014), kemarin.

Dengan adanya temuan itu, KPU Sukoharjo rencananya akan menggelar pemungutan suara ulang di TPS 01, Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Pemungutan suara ulang akan dilakukan pada Kamis (17/7/2014) hari ini.

Sebelumnya, berdasarkan data Panwaslu setempat, jumlah DPT di TPS tersebut mencapai 490 orang. Dari hasil penghitungan, pasangan Prabowo-Hatta hanya memperoleh 83 suara dan Jokowi-JK memperoleh 373 suara. Sedangkan kertas suara yang dinyatakan rusak mencapai 34.

Berikut videonya:

Baca juga: Di Bangkalan Suara Jokowi-JK Nol.

(YG)

Comment di sini