Beredar Video Rekaman Percakapan Penembak MH17

by
July 18th, 2014 at 4:04 pm

CiriCara.com – Baru-baru ini beredar video rekaman yang disebut-sebut merupakan hasil penyadapan telepon dari pemberontak pro-Rusia yang menembak pesawat Malaysia Airlines MH17 di wilayah timur Ukraina. Video itu diklaim merupakan hasil penyadapan oleh Badan Keamanan Ukraina (SBU).

pesawat mh17

Rekaman yang diklaim hasil penyadapan dari percakapan pemberontak pro-Rusia penembak MH17 – Ist/youtube

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, dalam video tersebut disebutkan, sebuah kelompok militan yang dipimpin Igor “Bes” Bezler menggunakan sistem rudal pertahanan udara Rusia, untuk menembak sebuah pesawat. Awalnya pesawat tersebut diidentifikasi sebagai pesawat militer.

Namun, ketika seseorang yang disebut “Mayor” melapor kembali, diketahui bahwa pesawat yang ditembak tersebut adalah pesawat komersial (sipil). Pesawat tersebut diidentifikasi sebagai Boeing 777 milik Malaysia Airlines (MH17).

Berikut isi percakapan dua pemberontak pro-Rusia yang diduga menembak Malaysia Airlines MH17, seperti dikutip dari Merdeka.com:

Igor Bezler (IB): Kami baru saja menembak jatuh sebuah pesawat. Grup Minera. Pesawat jatuh di wilayah Yenakievo (Ukraina)

Vasili Geranin (VG): Pilot, bagaimana dengan pilotnya?

IB: Hilang dan sedang dicari. Kondisi berasap.

VG: Berapa lama (penembakan pesawat).

IB: Sekitar 30 menit lalu.

Percakapan sempat terhenti, karena pemberontak pro-Rusia tersebut tengah mengecek lokasi jatuhnya pesawat. Dan setelah 40 menit, seorang bernama “Major” pun melaporkan hasil pengecekannya di lokasi.

‘Major’: Ini adalah pasukan Chernukhin yang menembak pesawat dari Chernukhin check point. Mereka adalah pasukan (Cossaks) yang berada di Chernukhino.

‘Greek’: Yes, Major.

‘Major’: Pesawat hancur di udara di area pertambangan Petropavlovskaya. Kami menemukan 200 (kode untuk korban tewas). Sipil.

‘Greek’: Baiklah, (informasi) apa yang kamu miliki di sana?

‘Major’: Itu adalah 100 persen pesawat penumpang sipil

‘Greek’: Apakah ada banyak orang di sana?

‘Major’: Ya Tuhan! Reruntuhan pesawat jatuh ke halaman rumah!

‘Greek’: Apa jenis pesawatnya?

‘Major’: Saya belum bisa memastikan, saya belum mendatangi lokasi. Saya hanya meninjau lokasi tempat bagian pesawat pertama kali jatuh. Ada sisa-sisa bagian pesawat, kursi, dan mayat.

‘Greek’: Apakah ada sisa senjata di sana?

‘Major’: Tidak ada, semuanya benda-benda milik penumpang seperti obat-obatan, handuk, tisu toilet.

‘Greek’: Apakah ada dokumen?

‘Major’: Ya, milik satu pelajar Indonesia dari Universitas di Thompson.

Berikut video rekaman yang diklaim sebagai hasil penyadapan pelaku penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17:

Meskipun demikian, kebenaran rekaman tersebut masih belum diverifikasi secara independen oleh masyarakat internasional. Banyak yang menduga rekaman tersebut hanya isu dari dampak saling tuding antara pihak Rusia dengan Ukraina.

(YG)

Comment di sini