Cara Aman dan Nyaman Mudik Lebaran

by
July 18th, 2014 at 3:16 pm

CiriCara.com – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tinggal hitungan hari. Tentunya Anda dan keluarga sudah mulai bersiap-siap untuk perjalanan mudik atau pulang kampung. Ayo siapkan segala sesuatunya dengan baik agar perjalanan mudik Anda bisa lancar, aman, dan nyaman.

suasana mudik di terminal

Mudik Lebaran – Ist

Mudik seakan sudah menjadi tradisi rutin setiap tahunnya. Walaupun harus menempuh jarak yang jauh, terjebak macet, dan masalah lainnya, namun semangat untuk mudik itu tetap tinggi. Apalagi rasa kangen ingin bertemu keluarga di kampung sudah tidak tertahankan lagi.

Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Semoga dengan tips-tips tersebut perjalanan mudik Anda dan keluarga bisa lancar tanpa ada kendala apapun.

Berikut beberapa tips mudik aman dan nyaman seperti diungkapkan oleh Menkes Nafsiah Mboi:

1. Fisik yang prima

Pemudik disarankan untuk memeriksakan kesehatan sebelum melakukan perjalanan mudik, khususnya yang memakai kendaraan pribadi. Kondisi fisik yang prima sangat penting, apalagi Anda akan menempuh perjalanan jauh. Bawa juga obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

2. Bawa makanan/minuman

Saat perjalanan mudik memang banyak penjual makanan dan minuman di sepanjang jalur mudik. Namun, ada baiknya Anda membawa makanan/minuman sendiri. Hal ini karena momen mudik sering menjadi sumber penyakit diare, apalagi jika makan sembarangan.

3. Jaga kebersihan diri

Usahakan untuk selalu mencuci tangan pakai sabun sebelum makan. Perhatikan juga kebersihan saat Anda menggunakan toilet umum. Hal ini menghindari Anda terkena penyakit diare saat perjalanan mudik.

mudik macet

Kemacetan saat arus mudik – Ist

4. Buang sampah pada tempatnya

Selama dalam perjalanan mudik, Anda dan keluarga juga harus ikut serta menjaga kebersihan lingkungan. Buang sampah pada tempatnya, jangan buang sembarangan di tengah jalan, hal ini bisa membahayakan pemudik yang lain.

5. Selalu waspada

Bagi pemudik yang memakai kendaraan pribadi, selalu waspada dalam berkendara. Bagi pemudik yang memakai transportasi umum, selalu waspada dari tindakan kejahatan. Jangan mudah menerima makanan/minuman dari orang lain agar tidak jadi korban pembiusan.

Dan yang paling penting dari kelima cara di atas, Anda dan keluarga juga jangan lupa untuk berdoa sebelum berangkat mudik. Minta perlindungan dari Allah SWT agar dimudahkan dan dilancarkan perjalanan mudik Anda.

(YG)

Comment di sini