Malaysia Airlines MH17 Ditembak di Ukraina, 295 Penumpang Tewas

by
July 18th, 2014 at 9:12 am

Kiev (CiriCara.com) – Sebuah pesawat terbang milik Malaysia Airlines (MAS) dilaporkan jatuh di Ukraina, pada Kamis (17/7/2014) waktu setempat. Pesawat tipe Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH17 tersebut diduga jatuh karena ditembak oleh kelompok militan Ukraina pro Rusia.

mh17

Ilustrasi pesawat Malaysia Airlines ditembak – Ist

Pihak Malaysia Airlines mengabarkan bahwa pesawat dengan rute Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia itu kehilangan kontak saat berada di wilayah Ukraina. “Posisi terakhir yang diketahui berada di wilayah udara Ukraina,” jelas akun Twitter Malaysia Airlines.

Sementara itu, Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan bahwa MH17 jatuh di atas wilayah yang dikuasai pemberontak pro Rusia di Ukraina Timur. Ia menduga pesawat tersebut telah ditembak jatuh. Namun ia membantah pihaknya yang telah menembak pesawat itu.

“Kami tidak mengucilkan bahwa pesawat itu ditembak jatuh dan mengkonfirmasi bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina tidak menargetkan setiap sasaran di langit,” kata Poroshenko melalui situs resminya.

Mendengar hal itu, utusan Rusia di PBB pun ikut membantah pihaknya telah terlibat dalam insiden tersebut. Duta Besar Rusia Vitaly Churkin mengatakan bahwa pihaknya tidak melakukan aksi penembakan rudal tersebut.

“Kami tidak melakukannya,” kata Churkin kepada wartawan di markas besar PBB.

Terkait dugaan penembakan tersebut, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan bahwa pihaknya akan mengirimkan tim untuk melakukan penyelidikan kasus tersebut. “Kami akan meluncurkan penyelidikan segera,” tulis Najib di akun Twitter-nya.

malaysia airlines mh17

Foto puing-puing pesawat Malaysia Airlines MH17 – Reuters/Maxim Zmeyev

Pesawat Malaysia Airlines MH17 itu diketahui mengangkut 280 penumpang dan 15 kru pesawat. Semua penumpang tersebut dinyatakan tewas. Pesawat diketahui hancur dan hanya menyisakan puing-puing yang terbakar.

Insiden jatuhnya pesawat MH17 ini menambah deretan tragedi yang menumpa pesawat Malaysia Airlines. Sebelumnya, pesawata Malaysia Airlines MH370 juga dilaporkan hilang sejak Maret dan sampai sekarang belum ditemukan.

(YG)

Comment di sini