MH17 Mirip Pesawat Presiden Putin, Diduga Salah Sasaran

by
July 18th, 2014 at 2:04 pm

Moskow (CiriCara.com) – Media-media Rusia terus menyoroti insiden pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17 yang ditembak jatuh di wilayah Ukraina. Terbaru, muncul spekulasi bahwa pesawat MH17 jadi korban “salah sasaran” tembakan rudal yang sejatinya ditujukan ke pesawat Presiden Rusia, Vladimir Putin.

mh17

Ilustrasi pesawat Malaysia Airlines ditembak – Ist

Seperti dilansir Interfax, Jumat (18/7/2014), seorang sumber mengungkap bahwa pesawat Presiden Putin sempat melintas di jalur yang sama dengan pesawat MH17. Pesawat Putin terbang di sekitar lokasi penembakan pada pukul 16.21 waktu Moskow, sementara pesawat MH17 pukul 15.44 waktu moskow.

Masih menurut sumber tersebut, diduga karena mirip pesawat Presiden Putin, pesawat MH17 pun akhirnya ditembak. Pasalnya, corak warna yang dimiliki pesawat MH17 itu sangat mirip dengan corak warna pesawat Presiden Putin, apalagi jika dilihat dari jarak yang jauh.

“Kontur pesawat tersebut juga mirip. Dimensi linearnya sangat mirip, termasuk warna. Dalam jarak yang jauh, keduanya nyaris identik,” ucap sumber yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Sementara itu, media Gazeta.ru melansir sumber yang membantah spekulasi “salah sasaran” tersebut. Menurut sumber tersebut, pesawat Putin tidak pernah melintasi Ukraina di waktu yang sama dengan MH17, Kamis (17/7/2014) waktu setempat.

“Pesawat kepresidenan (Putin) tidak pernah terbang di atas Ukraina sejak beberapa waktu terakhir,” tutur sumber itu kepada Gazeta.ru.

malaysia airlines

Gambar kemiripan antara pesawat Presiden Putin dengan pesawat Malaysia Airlines MH17 – Ist/RT.com

Ada yang menilai bahwa spekulasi “salah sasaran” itu diduga kuat berhubungan dengan aksi saling tuding antara Rusia dan Ukraina. Dengan isu Presiden Putin jadi sasaran, itu artinya pihak yang bisa disalahkan adalah Ukraina.

Seperti yang diketahui, pihak Rusia dan Ukraina memang tengah saling tuding terkait pelaku penembakan rudal ke pesawat Malaysia Airlines MH17. Separatis pro-Rusia menuding jet tempur Ukraina lah yang telah menembak jatuh pesawat MH17.

Namun, tudingan tersebut langsung dibantah Presiden Ukraina Petro Poroshenko. Melalui situs resminya, Poroshenko menegaskan bahwa Angkatan Udara Ukraina tidak pernah menembak target apapun di udara, saat MH17 melintas di wilayahnya. Sebaliknya Poroshenko malah menduga pihak separatis pro-Rusia lah yang menembak pesawat MH17.

(YG)

Comment di sini