Ciri-ciri Anda Kelelahan di Perjalanan Mudik

by
July 21st, 2014 at 11:59 am

CiriCara.com – Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi rutin setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk bisa pulang ke kampung halaman, tentunya jalur yang dilalui tidak pendek melainkan bisa memakan waktu 8 jam hingga bahkan sampai 10 jam lebih.

mudik lebaran

Kepadatan arus mudik – Ist

Karenanya para pemudik diminta untuk menjaga kondisi fisik mereka agar tetap prima, terutama bagi mereka yang mudik memakai kendaraan pribadi. Beristirahatlah secara rutin saat dalam perjalanan mudik, minimal 4 jam sekali.

Namun kenyataannya, terkadang masih ada saja pemudik yang ngeyel dan memaksakan diri berkendara lebih dari 4 jam. Mereka beralasan tubuhnya masih terasa segar dan tidak merasa lelah. Padahal, bisa saja kan tubuh saat itu sudah lelah namun tidak disadari.

Berikut ciri-ciri kelelahan saat berkendara (mudik):

1. Susah membuka mata

Saat Anda merasa mata sudah mulai susah untuk dibuka, sebaiknya Anda segera menepi dan beristirahat sejenak. Susah membuka mata dan sulit menjaga kepala untuk tetap tegak bisa menjadi ciri tubuh mengalami kelelahan. Istirahatlah sejenak sampai mata kembali segar.

2. Tidak berhenti menguap

Terus-terusan menguap saat berkendara bisa menjadi ciri tubuh mulai kelelahan. Tubuh Anda butuh istirahat untuk tidur sejenak, apalagi jika Anda memulai perjalanan mudik di waktu malam hari. Kurang tidur bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara.

3. Berangan-angan

Jika pikiran Anda mulai tidak fokus dan berangan-angan, segera menepi dan istirahatlah. Angan-angan sudah ada di rumah dan tidur di kasur yang empuk bisa muncul karena tubuh mengalami kelelahan sehingga muncul dorongan dari dalam otak.

mudik lebaran, pulang kampung,

Mudik – Merdeka.com

4. Tidak ingat jalan yang dilalui

Kelelahan bisa menurunkan daya konsentrasi seseorang, akibatnya orang tersebut akan mudah lupa. Jika hal itu mulai Anda alami saat perjalanan mudik, sebaiknya segera beristirahat. Memaksakan diri hanya akan membahayakan perjalanan mudik Anda.

5. Laju kendaraan tidak stabil

Anda mulai mengendarai kendaraan dengan tidak stabil? Misalnya, laju kendaraan tiba-tiba cepat lalu tiba-tiba pelan, padahal di jalan yang tidak macet dan sering hampir masuk jalur yang salah. Itu ciri tubuh Anda mulai kelelahan.

Saat mudik Anda tentunya ingin cepat-cepat sampai ke kampung halaman. Namun, tetap saja Anda tidak dianjurkan untuk memaksakan diri dengan berkendara dalam waktu yang lama. Tetap, Anda harus beristirahat 4 jam sekali!

(YG)

Comment di sini