Tim Hukum Prabowo-Hatta Laporkan KPU ke Polisi

by
July 21st, 2014 at 3:18 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabarnya akan dilaporkan ke pihak polisi karena tetap melakukan rekapitulasi nasional hasil pemungutan suara Pilpres 2014, hingga hari ini. Padahal, pihak Prabowo-Hatta mengimbau KPU untuk menunda rekapitulasi karena masih terjadi banyak kecurangan.

prabowo

Prabowo Subianto – Ist

Ketua Tim Hukum dan Advokasi Prabowo-Hatta, Habiburakhman mengatakan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu mengadukan KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraa Pemilu (DKPP). Baru setelahnya melaporkan ke Mabes Polri.

Kalau (rekapitulasi) tetap dilanjutkan, siang nanti akan ada orang-orang kita yang ke DKPP untuk melaporkan (KPU). Ke Mabes Polri mungkin sore,” kata Habiburakhman, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (21/7/2014).

Mengingat KPU akan segera mengumumkan hasil rekapitulasi pada Selasa, 22 Juli besok, Habiburakhman pun mengatakan bahwa pihaknya akan bertindak cepat. Ia sadar betul bahwa waktu untuk mendesak KPU untuk menunda pengumuman hasil rekapitulasi sangat sempit.

“Oleh karena itu, kita lakukan berbagai cara, termasuk kemungkinan terburuk,” kata Habiburakhman.

Menurut Habiburakhman, seharusnya KPU menunda pengumuman hasil rekapitulasi Pilpres 2014. Pasalnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sendiri telah merekomendasikan pemungutan suara ulang di sejumlah TPS di daerah yang bermasalah.

“Tidak ada pilihan lain selain KPU menjalankan rekomendasi Bawaslu. Baru lanjutkan rekapitulasi,” ujar Habiburakhman.

Lebih lanjut, Habiburakhman menilai KPU sebenarnya masih mempunyai waktu untuk menunda pengumuman hasil rekapitulasi hingga 8 Agustus, mendatang. Pasalnya masih ada sejumlah TPS yang perlu melakukan pemungutan suara ulang.

Baca juga: KPU Tegaskan Tidak Akan Ada Pemilu Ulang.

(YG)

Comment di sini