Ahok: 23 Juli Jokowi Jadi Gubernur Lagi

by
July 22nd, 2014 at 2:01 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan bahwa masa cuti Joko Widodo (Jokowi) telah habis. Karena itu, kata Ahok, Jokowi pun harus kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Rabu, 23 Juli, besok.

ahok marah

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Ist

Ahok menjelaskan bahwa Jokowi tidak bisa mengajukan cuti tambahan begitu saja. Ada prosedur yang harus diikuti jika Jokowi ingin mengajukan cuti lagi seiring dengan hasil Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yang masih belum jelas.

Pak Jokowi 23 (Juli) balik lagi jadi Gubernur, tidak bisa perpanjang cuti, karena keputusan ditetapkan harus balik dulu, baru mengajukan (cuti) lagi,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, pada Senin (21/7/2014), kemarin.

Sesuai dengan Undang-Undang, pada 23 Juli Jokowi harus memberitahukan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri, bahwa dirinya sudah kembali menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. “Kalau nggak, dianggap beliau itu lalai, tidak kerja,” ujar Ahok.

Menurut Ahok, setelah masuk kembali sebagai Gubernur pada 23 Juli, baru lah setelahnya Jokowi bisa kembali mengajukan cuti melalui Mendagri ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Sehingga tanggal 23 buat surat cuti,” kata Ahok.

Jika pengajuan cuti diterima, Jokowi harus menunjuk Ahok sebagai pelaksana harian (Plh) Gubernur DKI Jakarta dan memberikan surat kuasa. Karena jika tidak ada kuasa dari Jokowi, Ahok mengaku dirinya tidak bisa hadir di sejumlah rapat Pemprov DKI Jakarta.

“Saya tidak bisa hadir memutuskan paripurna. Saya tidak boleh pimpin rapim, TPUT. Harus ada surat kuasa dari beliau per tanggal rapat. Kelemahannya di situ,” kata Ahok yang juga merupakan mantan Bupati Belitung Timur ini.

Mengenai kabar Jokowi sudah memperpanjang cutinya, Ahok membantah kabar tersebut. Pasalnya, prosedur pengajuan cuti untuk Jokowi itu harus lapor dulu ke Presiden SBY, jadi tidak bisa sembarangan mengajukan cuti.

Saat ini, Jokowi tengah menunggu hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 yang tengah berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta. Nantinya, pengumuman hasil tersebut lah yang akan menjadi penentu siapa yang menang dalam Pilpres 2014.

Rencananya, pihak KPU baru akan mengumumkan rekapitulasinya pada Selasa, 22 Juli 2014, hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB. Siapa yang akan jadi presiden Indonesia yang baru?

(YG)

Comment di sini