Ciri-ciri Pemudik Sepeda Motor

by
July 22nd, 2014 at 10:16 am

CiriCara.com – Mudik atau pulang kampung masih menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Ada yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, dan pesawat terbang. Namun ada juga yang lebih memilih memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

mudik

Mudik pakai sepeda motor – Ist

Untuk mudik tahun ini, diprediksi pemudik yang memakai sepeda motor masih cukup tinggi. Meskipun sudah ada sejumlah acara yang menyediakan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor, namun tetap saja motor masih jadi kendaraan favorit untuk mudik.

Selain pertimbangan bisa terhindar macet berkepanjangan, ongkos kendaraan umum yang tinggi pun menjadi alasan kenapa banyak yang memilih pakai motor untuk mudik. Pasalnya, biaya mudik dengan sepeda motor diklaim bisa lebih murah.

Jutaan sepeda motor diperkirakan akan memadati sejumlah ruas jalan di sekitar jalur mudik. Para pemudik sepeda motor ini pun kembali diingatkan untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati dalam bekendara agar tidak terjadi kecelakaan.

Berikut ciri-ciri pemudik sepeda motor:

1. Muatan overload

Untuk mengenali pemudik sepeda motor di jalan itu tidak sulit, lihat saja dari segi muatannya. Lihat apakah ada dus atau bagasi tambahan di belakang sepeda motornya atau tidak. Jika ada, itu ciri dia merupakan pemudik.

2. Berjaket tebal

Dari segi penampilan dan kelengkapan keamanan, pemudik sepeda motor tentu lebih lengkap dibanding pengguna motor biasa. Umumnya, pemudik lebih suka memakai jaket tebal, masker, dan sarung tangan layaknya pembalap.

3. Plat nomor

Untuk mengenali pemudik di jalan raya, kamu bisa melihat dari plat nomornya. Jika plat nomornya merupakan plat nomor polisi luar kota, itu ciri kalau pengendara motor tersebut merupakan pemudik.

4. Kumpul di rest area dan SPBU

Pemudik sepeda motor biasanya akan berkumpul di rest area untuk beristirahat. Terkadang beberapa diantaranya ada juga yang memilih istirahat di SPBU atau pom bensin. Jika kamu lihat pengendara motor tengah istirahat di pinggir jalan atau SPBU, itu artinya mereka sedang mudik.

Buat kamu yang akan melintasi jalur yang dilewati oleh para pemudik, sebaiknya lebih hati-hati lagi. Pasalnya, pemudik sepeda motor sering memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi sehingga rawan kecelakaan.

(YG)

Comment di sini