Jokowi-JK Tak Hadiri Pengumuman Pemenang Pilpres di KPU

by
July 22nd, 2014 at 11:20 am

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) rencananya akan mengumumkan siapa yang menang dalam Pilpres 2014 pada Selasa (22/7/2014) pukul 16.00 WIB, nanti. Pengumuman tersebut rencananya akan dilakukan di Gedung KPU, Jakarta.

jokowi dan jusuf kalla

Jokowi-JK – Ist

KPU sendiri mempersilakan kedua kubu untuk datang menghadiri pengumuman tersebut. Baik massa pendukung maupun para capres dan cawapres itu sendiri. Namun tidak semua pendukung bisa masuk ke gedung KPU, hanya beberapa perwakilan saja.

Meskipun dipersilakan untuk datang, namun capres Joko Widodo (Jokowi) dan cawapres Jusuf Kalla (JK) dipastikan tidak akan hadir. Menurut Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-JK Anies Baswedan, yang akan hadir di KPU nanti hanya tim perwakilan saja.

“Pak Jokowi-JK tidak hadir dalam pengumuman hasil rekapitulasi tersebut. Nanti ada tim yang ke sana (KPU),” ujar Anies di Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Anies mengatakan bahwa Jokowi-JK lebih memilih untuk menonton hasil rekapitulasi dari televisi di kediamannya masing-masing. Anies juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan mengerahkan massa ke KPU. Ia berharap agar rekapitulasi KPU bisa berjalan jujur.

“Kita mau menjaga suasana damai dan sejuk,” kata Anies.

Sementara itu, Tim Sukses Jokowi-JK Ferry Mursyidan Baldan menilai bahwa pengumuman pemenang Pilpres oleh KPU tidak harus ditanggapi secara berlebihan. Menurutnya, siapa pun yang akan menang dari hasil rekapitulasi, maka dia lah yang harus siap bekerja demi negara.

“Karena ini bukan sesuatu seperti selebrasi kemenangan atau selebrasi meraih juara. Justru sesuatu yang kita harus siap menerima tugas kalau KPU menetapkan,” ujar Ferry yang juga merupakan politisi partai NasDem.

Rapat lanjutan rekapitulasi KPU sendiri sudah dimulai kembali pukul 10.00 WIB hari ini. Masih terdapat empat provinsi yang menunggu untuk dibahas dalam rapat pleno tersebut. Keempat provinsi tersebut adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Maluku Utara, dan Papua.

(YG)

Comment di sini