Prabowo: Kami Menolak Pelaksanaan Pilpres 2014

by
July 22nd, 2014 at 3:33 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Belum juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014, calon presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto sudah menyatakan penolakannya. Prabowo menilai Pilpres 2014 tidak demokratis dan tidak sesuai Undang-Undang Dasar 1945.

Prabowo

Calon Presiden Prabowo Subianto – Ist

Prabowo mengatakan bahwa KPU selaku pelaksana Pilpres juga telah bertindak tidak adil dan tidak terbuka. Prabowo pun menyebut KPU telah melanggar aturannya sendiri dalam pelaksanaan Pilpres, 9 Juli 2014, lalu.

Prabowo juga mengeluhkan sikap KPU yang tidak mau menanggapi keberatan-keberatan yang diajukan oleh timnya. Pasalnya, KPU selalu melimpahkan keberatan tim Prabowo-Hatta untuk disampaikan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“KPU selalu mengalihkan masalah ke Mahkamah Konstitusi seolah-olah setiap keberatan yang diajukan tim Prabowo-Hatta adalah sengketa yang harus diselesaikan MK, padahal sumber masalah ada pada internal KPU,” kata Prabowo.

Merasa telah diberlakukan tidak adil oleh KPU, Prabowo pun menyatakan menolak Pilpres 2014 yang dianggap cacat hukum.

“Kami capres cawapres Prabowo-Hatta sebagai pengemban suara mandat dari rakyat akan menggunakan hak konstitusional kami yaitu menolak pelaksanaan Pilpres 2014 yang cacat hukum. Kami menarik diri dari proses yang sedang berlangsung,” kata Prabowo.

Terkait pernyataannya itu, Prabowo membantah pihaknya tidak siap kalah. Ia mengaku siap kalah namun jika proses Pemilu yang digelar KPU sudah demokratis. Prabowo menegaskan pihaknya hanya tidak ingin mandat dari rakyat diselewengkan.

“Kami Prabowo-Hatta siap menang, siap kalah dengan cara demokratis dan terhormat,” tegas Prabowo dalam konferensi pers di Rumah Polonia, Selasa (22/7/2014) yang disiarkan langsung sejumlah televisi nasional.

Tak lupa, Prabowo pun meminta kepada seluruh masyarakat yang telah mendukungnya untuk tetap tenang. Prabowo mengaku akan tetap memperjuangkan dukungan masyarakat terhadap dirinya.

“Seluruh rakyat Indonesia yang memilih kami, kami minta tetap tenang karena kami tidak akan diam dan memberikan hak demokrasi kami dicederai dan dirampas,” tegas Prabowo.

Sementara itu, KPU sendiri baru akan mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres sekitar pukul 16.00 WIB nanti. Hingga saat ini masih belum diketahui siapa yang menang. (YG)

Comment di sini