Cara Merayakan Hari Anak Nasional

by
July 23rd, 2014 at 1:58 pm

CiriCara.com – Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Dengan adanya Hari Anak Nasional tersebut diharapkan para orangtua bisa semakin perhatian, sayang, dan peduli terhadap masa depan anak-anaknya. Karena sebenarnya perhatian orangtua adalah yang terpenting bagi anak.

Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional – Ist

Nah, bagi para orangtua momen Hari Anak Nasional ini bisa jadi kesempatan untuk mendekatkan diri dengan si kecil. Tidak harus dengan pergi liburan, Anda dan anak pun bisa merayakan Hari Anak Nasional di rumah.

Dengan adanya Hari Anak Nasional ini, para orangtua juga dituntut untuk lebih peduli terhadap anaknya. Jangan sampai kasus pelecehan seksual terhadap anak yang belakangan ini marak terungkap, juga terjadi pada anak Anda.

Berikut cara merayakan Hari Anak Nasional:

1. Ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman

Maraknya kasus kejahatan terhadap anak hendaknya membuat Anda jadi lebih waspada. Cobalah untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak Anda. Mulai dari memilih sekolah hingga menyeleksi teman bermain anak, agar dia tidak terpengaruh hal negatif.

2. Bermain sambil belajar

Untuk merayakan Hari Anak Nasional, Anda bisa mengajak si kecil bermain sambil belajar. Tanamkan nilai-nilai positif kepada anak dan ajarkan dia untuk membela diri jika ada orang asing yang berniat buruk kepadanya. Jadikan permainan sebagai sarana belajar anak.

3. Ajak anak mengobrol

Mungkin selama ini Anda telalu sibuk bekerja. Nah, momen Hari Anak Nasional ini bisa Anda manfaatkan untuk mendekatkan diri dengan anak melalui cara obrolan singkat. Ajak anak bicara dan dengarkan apa ceritanya. Komunikasi adalah cara yang paling bagus untuk menjalin hubungan baik dengan anak.

anak kecil berdoa

Anak kecil sedang berdoa – Kominfo

4. Lakukan kegiatan sosial

Anda bisa merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan kegiatan sosial. Kebetulan saat ini bertepatan dengan momen Ramadhan, Anda bisa mengadakan acara buka bersama dan undang semua teman-teman anak Anda untuk berkumpul. Ini akan memberikan anak pelajaran bahwa berbagi itu baik.

5. Bersih-bersih rumah

Anda dan anak bisa merayakan Hari Anak Nasional dengan cara bersih-bersih rumah. Cara ini bisa membuat anak jadi tahu bahwa kebersihan itu penting. Namun, usahakan agar kegiatan bersih-bersih rumah ini tidak berjalan membosankan.

Itulah beberapa kegiatan atau cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli ini. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini