Kubu Prabowo Tuding Hacker Manipulasi Suara Pilpres

by
July 23rd, 2014 at 3:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menuding ada keterlibatan 37 hacker asal Korea dan Tiongkok yang memanipulasi hasil suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan kenapa Capres Prabowo menarik diri dari Pilpres, Selasa (22/7/2014), kemarin.

prabowo

Prabowo Subianto saat pidato menarik diri dari pelaksanaan Pilpres 2014 – Ist

Ketua Tim Koalisi Merah Putih Perjuangan untuk Kebenaran dan Keadilan Letjen (Purn) Yunus Yosifah menjelaskan bahwa hacker tersebut telah memanipulasi suara golongan putih (golput) di sejumlah daerah. “Sekitar 4 juta suara dimanipulasi,” katanya, kemarin.

Menurut Yunus, manipulasi suara golput itu terjadi di beberapa kecamatan di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Utara. Ia pun mengatakan bahwa kasus tersebut sudah dalam penanganan Bareskrim Polri.

Tidak hanya lapor ke Polri, Yunus pun mengatakan bahwa pihaknya juga telah melaporkan dugaan keterlibatan hacker tersebut ke pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Sedang dilaporkan ke Bawaslu,” tutur Yunus, seperti dikutip dari Antaranews.com.

Adanya bukti manipulasi suara golput tersebut menjadi salah satu alasan kenapa Prabowo Subianto mundur dari Pilpres 2014. Pasalnya, Pilpres yang diadakan oleh KPU itu tidak lagi demokratis, jujur, dan adil.

Meskipun demikian, Yunus mengimbau agar para pendukung Prabowo-Hatta untuk tetap tenang. Ia meminta pendukung dan para simpatisannya tetap menjaga persatuan nasional walau sudah dicurangi oleh hacker.

“Kepada relawan dan pendukung jangan ada tindakan anarkistis dan jaga persatuan nasional,” kata Yunus.

Mengenai penggantian Mahfud MD dengan dirinya, Yunus mengatakan bahwa hal itu supaya tidak ada konflik kepentingan di Mahkamah Konstitusi (MK) jika tim Prabowo melakukan banding. Pasalnya, Mahfud MD merupakan mantan Ketua MK.

“Agar tidak ada konflik kepentingan pada penanganan masalah di MK. Saya juga dibantu oleh Pak Djoko Santoso dan George Toisutta sebagai wakil saya,” kata Yunus.

Seperti diketahui, KPU telah mengumumkan Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pilpres 2014. Perolehan suara Jokowi berhasil mengungguli Prabowo di sejumlah provinsi, salah satunya Jawa Tengah yang dicurigai telah dimanipulasi hacker.

(YG)

Comment di sini