Cara Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

by
July 24th, 2014 at 11:17 am

CiriCara.com – Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia selalu melakukan tradisi mudik atau pulang kampung setiap menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Dan saat mudik ini lah banyak rumah-rumah kosong yang ditinggal pemiliknya pulang ke kampung halaman.

rumah aman

Rumah aman saat mudik – Ist

Biasanya rumah kosong tersebut sering menjadi sasaran empuk para pelaku pencurian. Karenanya Anda harus berhati-hati lagi sebelum meninggalkan rumah. Pastikan rumah Anda sudah benar-benar aman dan terjaga dengan baik selama ditinggal mudik.

Kepolisian Daerah Metro Jaya mempunyai beberapa tips agar rumah Anda aman saat ditinggal mudik ke kampung halaman untuk lebaran. Mau tahu apa saja tips dari Polda Metro Jaya? Berikut penjelasannya:

1. Buat rumah seakan tidak kosong

Hindari hal-hal yang dapat menunjukkan bahwa rumah Anda sedang kosong. Caranya pasang lampu otomatis yang bisa mati di siang hari dan menyala di malam hari. Letakkan sandal atau sepatu di depan pintu, agar terkesan rumah Anda ada penghuninya.

2. Simpan barang berharga

Selama mudik, jangan simpan barang berharga Anda di rumah. Agar lebih terjamin keamanannya, Anda bisa menggunakan jasa penyimpanan barang berharga terpercaya dan juga bisa menyimpan uang dan perhiasan di bank.

3. Kunci jendela dan pintu

Pastikan rumah saat ditinggal mudik sudah dalam keadaan terkunci, baik jendela, pintu, maupun gerbang rumah. Hindari meninggalkan kunci rumah atau kunci cadangan di bawah pot, keset, atau tempat-tempat tertentu. Kecuali di tempat yang benar-benar aman.

4. Matikan listrik

Cabut atau matikan semua listrik di rumah Anda yang sudah tidak terpakai. Hal ini mencegah terjadinya hubungan arus pendek yang bisa mengakibatkan rumah kebakaran. Pastikan juga gas di dapur rumah Anda dalam kondisi aman.

suasana mudik di terminal

Mudik Lebaran – Ist

5. Pengamanan ekstra

Anda bisa memasang kamera CCTV dan alarm sekuriti di beberapa titik, seperti di ruang tamu, ruang tidur, dan halaman rumah. Dengan demikian Anda bisa tetap memantau rumah Anda meski saat sedang mudik Lebaran.

6. Titipkan ke orang terpercaya

Jika ada saudara atau keluarga yang tidak mudik, Anda bisa meminta dia untuk menjaga rumah Anda. Menitipkan rumah ke orang terpercaya bisa membuat rumah Anda lebih aman saat ditinggal mudik.

Demikian beberapa cara aman meninggalkan rumah saat mudik. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini