Pilih Menteri, Jokowi Minta Masukan Rakyat di Facebook

by
July 24th, 2014 at 4:44 pm

Jakarta (CiriCara.com)Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mulai menyeleksi para calon menteri yang akan mengisi kabinetnya. Tidak hanya mempertimbangkan pendapat para politisi, Jokowi pun meminta masukan dari rakyat melalui situs jejaring sosial, Facebook.

jokowi kabinet

Kabinet Alternatif Usulan Rakyat – Ist

Seperti diketahui saat ini sudah tersedia akun resmi kubu Jokowi-JK di Facebook, yakni Jokowi Center. Dalam akun tersebut telah diunggah lembaran yang diberi nama Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR). Lembaran ini berisi sejumlah nama calon menteri.

Ada 34 daftar nama calon menteri yang tersedia dalam lembaran tersebut. Masing-masing pos ada tiga nama calon yang bisa dipilih masyarakat. Tersedia juga kolom kosong untuk mengisi sendiri nama tokoh di luar tiga calon, jika masyarakat punya calon sendiri.

“Pemilihan menteri memang hak prerogratif presiden. Namun, bukan berarti rakyat tidak bisa berpartisipasi,” demikian kutipan dari isi pesan di lembaran tersebut, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/7/2014).

Dalam pemilihan nama 34 calon menteri tersebut, tim Jokowi-JK mengklaim pihaknya telah lebih dulu melakukan diskusi dengan sejumlah pihak. Dalam diskusi tersebut dilibatkan juga, aktivis, intelektual, wartawan, dan juga para politikus hingga muncullah nama 34 calon itu.

Saat dikonfirmasi mengenai kebenaran lembaran KAUR, Jokowi pun membenarkannya. Namun, Jokowi menolak jika disebut telah serius mencari sosok yang tepat untuk mengisi kabinetnya nanti.

Sampai detik ini, belum bicara siapa-sapanya, apalagi siapa dan duduk di mana. Sekali lagi ini hanya minta masukan rakyat. Boleh dong,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi pun tidak mau mengungkap nama tim yang berinisiatif mengunggah KAUR ke halaman Facebook tersebut. Jokowi tidak ingin ada pihak yang mengintervensi, karenanya dia lebih memilih untuk merahasiakannya.

“Biar berjalan apa adanya saja,” kata Jokowi.

Meskipun demikian, Jokowi menegaskan bahwa penentu siapa sosok yang akan mengisi jabatan menteri harus sesuai dengan kriteria. Untuk keputusan final, semua ada di tangan Jokowi sendiri.

(YG)

Comment di sini