Ruhut: Gugatan Prabowo ke MK Cuma Buang Waktu

by
July 24th, 2014 at 2:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Politis Partai Demokrat Ruhut Sitompul ikut mengomentari rencana kubu pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang akan menggugat hasil Pilpres 2014 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Ruhut, rencana tersebut akan sia-sia.

Ruhut Sitompul dukung Jokowi

Ruhut Sitompul – Ist

Ruhut mengatakan bahwa peluang Prabowo untuk memenangkan gugatan ke MK itu sangat kecil. Apalagi pasangan Jokowi-JK unggul dari pasangan Prabowo-Hatta dengan selisih 8,4 juta suara. Menurutnya, akan sangat sulit mencari bukti untuk menambah jumlah suara sebanyak itu.

(Jokowi-JK) menangnya kan terpaut 8,4 juta suara. Bagaimana mau cari formulir C1 sebanyak itu? Pengalaman saya, pemilihan gubernur dan walikota, cari 100 (suara) saja susah, apalagi 8,4 juta (suara),” ujar Ruhut di Jakarta, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Kamis (24/7/2014).

Lebih lanjut, Ruhut pun menilai rencana gugatan ke MK yang akan dilakukan kubu Prabowo itu hanya buang-buang waktu. Pasalnya untuk bisa memenangkan gugatan, kubu Prabowo harus mengumpulkan bukti yang bisa menambah suara lebih dari 8,4 juta untuk Prabowo-Hatta.

“Saya kira enggak bisa mereka cari sebanyak itu. Jadi itu hanya buang-buang waktu dan hanya memberi harapan kepada Prabowo,” ujar Ruhut yang belakangan memang telah mendukung pencapresan Joko Widodo (Jokowi).

Ruhut pun menyayangkan sikap Prabowo yang menyatakan menarik diri dari pelaksanaan Pilpres 2014. Menurut Ruhut, apa yang dilakukan oleh Prabowo itu adalah langkah yang tidak konstitusional.

“Pak Prabowo sampaikan mengundurkan diri, walau dengan berbagai macam penafsiran, pening saya,” kata Ruhut.

Sebelumnya kubu Prabowo mengaku akan melayangkan gugatan Pilpres 2014 ke MK pada Jumat (25/7/2014), besok. Pasalnya mereka menilai bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pelaksana Pilpres telah berbuat tidak demokratis dan tidak adil.

KPU sendiri memang memberikan hak untuk menggugat hasil Pilpres 2014 sambai batas waktu 3 hari setelah pengumuman pemenang oleh KPU. Hari Jumat besok menjadi hari terakhir yang bisa dimanfaatkan kubu Prabowo untuk menggugat hasil Pilpres yang memenangkan Jokowi-JK.

(YG)

Comment di sini