Cara Mencegah Masuk Angin Saat Mudik

by
July 25th, 2014 at 11:35 am

CiriCara.com – Salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang pemudik saat perjalanan pulang kampung adalah masuk angin. Kepala terasa pusing, perut kembung, badan pegal, dan hidung tersumbat bisa menjadi pertanda Anda mengalami masuk angin.

mudik sehat

Pos Kesehatan Mudik – Ist

Baik pemudik yang memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, keduanya sama berisiko mengalami masuk angin. Seperti yang terjadi di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, banyak pemudik yang mengeluhkan gejala masuk angin.

Paling banyak mengeluhkan pusing, masuk angin karena perjalanan jauh,” kata Yudha Swastian salah satu petugas kesehatan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat yang ditemui pada Kamis (24/7/2014) kemarin.

Karenanya, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik diminta untuk tetap menjaga kesehatan. Untuk mencegah masuk angin, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Perhatikan asupan makanan

Saat akan melakukan perjalanan mudik, sebaiknya Anda hindari makanan yang mengandung gas seperti kopi dan kembang kol. Hindari juga makanan yang bisa menggangu sistem pencernaan seperti makanan pedas dan mengandung banyak santan.

2. Daya tahan tubuh

Tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan menkonsumsi bahan-bahan herbal seperti meniran atau Echinacea dan juga vitamin. Dengan demikian, tubuh Anda akan tetap fit dan segar saat melakukan perjalanan mudik yang jauh.

3. Hindari stres

Umumnya orang yang akan mudik mudah dilanda stres karena macet, kendaraan yang tidak nyaman, hingga perasaan khawatir lainnya. Nah, sebaiknya Anda buang jauh-jauh semua pikiran tersebut dan berusahalah untuk tetap tenang. Pasalnya stres juga bisa memicu rasa mual dan pusing.

4. Makan berimbang

Asupan makanan sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan mudik. Karenanya, Anda harus makan dengan makanan yang berimbang. Jangan hanya makan daging saja tapi juga perlu menkonsumsi sayuran agar tetap fit saat mudik.

Ciricara-Mudik Sepeda Motor5. Jangan terlalu lama terpapar angin dingin

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, dianjurkan untuk memakai jaket tebal, masker, dan juga sarung tangan. Hal ini mencegah Anda dari paparan angin dingin yang bisa memicu rasa mual. Bagi pemudik kendaraan umum, disarankan juga untuk membawa jaket.

Jika memungkinkan, Anda juga sebaiknya membawa obat-obatan untuk pertolongan pertama jika di perjalanan nanti Anda merasa kurang sehat. Semoga perjalanan mudik Anda lancar dan semoga selamat sampai tujuan.

(YG)

Comment di sini