Top 5 Aplikasi Android Gratis Buatan Anak Indonesia

by
August 6th, 2014 at 4:02 pm
Android

Android – Ist

CiriCara.com – Apa saja aplikasi yang terinstal di smartphone Android Anda? Secara garis besar aplikasi tersebut pasti memenuhi dua kriteria ini: fungsional dan entertaining.

Tahukah Anda bahwa di Google Play terdapat banyak aplikasi Android buatan anak negeri? Dan tidak kalah dengan aplikasi buatan bule lainnya, aplikasi buatan lokal tetap memenuhi dua kriteria utama: fungsional dan entertaining, dan tentu saja sangat cocok dengan kebutuhan warga Indonesia.

Dan demi mendukung perkembangan Android di tanah air, berikut 5 aplikasi Android gratis buatan anak negeri yang layak Anda coba.

hi dict.

hi dict. Adalah aplikasi Android yang berfungsi sebagai kamus istilah-istilah umum dalam bidang studi Hubungan Internasional.
Aplikasi ini cocok untuk mahasiswa yang sedang menjalankan studi Hubungan Internasional. Namun tidak menutup kemungkinan bisa digunakan oleh masyarakat luas yang ingin mengetahui seputar Hubungan Internasional.
hi dict. Diciptakan dalam bahasa Indonesia, semua istilah dan definisi atau deskripsi ditulis dalam bahasa Indonesia.

Minus:
Dari segi fungsional aplikasi Android gratis ini cukup baik. Namun apabila membicarakan masalah kekurangan, tampilan aplikasi ini tergolong standar, atau bisa dibilang masih kurang.

Google Play link: hi dict.

Komutta

Apabila Anda tinggal di Jakarta atau sedang bepergian ke Jakarta, dan Anda adalah pengguna kendaraan umum. Aplikasi Android ini bisa menjadi Andalan Anda. Komutta di buat untuk membantu pengguna mengetahui semua informasi kendaraan umum yang ada di Jakarta.

Transjakarta
Informasi transjakarta dalam aplikasi Android Komutta sangat lengkap. Dimulai dengan mengetikkan atau memilih lokasi keberangkatan dan tujuan, kemudian Komutta akan memberikan petunjuk lengkap, sangat lengkap hingga informasi apabila Anda perlu oper ke bus transjakarta lain di koridor tertentu. Dilengkapi dengan fitur GPS, Anda bisa memantau perjalanan Anda melalui peta.

KRL
Pengguna KRL akan sangat dimudahkan dengan aplikasi Android gratis ini. Cukup dengan memasukkan dari stasiun mana keberangkatan Anda, kemudian Komutta akan menampilkan jadwal lengkap dimulai dari jam keberangkatan, Nama KRL, hingga rute yang ditempuh.

Bus
Menu pada Komutta tertulis “Bus,” namun saat mengakses menu ini Anda akan menemukan kendaraan umum lengkap mulai dari Bus, Kopaja, metromini, hingga angkot. Cukup dengan inputkan tujuan Anda, dan Komutta akan menampilkan list semua kendaraan umum yang memiliki rute sesuai dengan tujuan Anda.

Taxi
Pada bagian menu ini Komutta menyediakan nomot telepon resmi dari berbagai Taxi yang beroperasi di Jakarta.

Google Play link: Komutta

Bakoel

Bakoel adalah aplikasi Android gratis yang memiliki fungsi untuk menangani transaksi penjualan (semacam aplikasi kasir). Pihak pengembang menekankan aplikasi dibuat untuk pedagang yang sedang dalam keadaan mobile. Seperti contoh pedagang dari bazaar ke bazaar, pedagang keliling menggunakan kendaraan, dan lain-lain.

Aplikasi android ini didesain bisa digunakan untuk berbagai macam pedagang. Di awal pengguna bisa menginputkan sendiri database barang dagangannya. Kemudian untuk mencatat transaksi, pengguna tinggal memilih list barang dagangan yang sudah dibuat sebelumnya, jumlah pembelian, dan selesai. Bakoel bisa menampilkan semua informasi hingga jumlah uang kembalian kepada pembeli.

Minus:
Mirip seperti hi dict., Bakoel juga memiliki kekurangan dari sisi desain. Namun pada Bakoel, kekurangan pada sisi desain ini berpengaruh pada penggunaan aplikasi tersebut.

Google Play link: Bakoel

Cek Tagihan

Awal menggunakan aplikasi Android ini, pilihan hanya berupa cek tagihan PLN, PDAM, dan Telkom. Namun kini aplikasi ini menyediakan menu hingga layanan TV cable, finance, dan pembelian pulsa. Pengguna juga bisa langsung melakukan transaksi melalui aplikasi ini, dengan catatan Anda telah melakukan registrasi.

Google Play link: Cek Tagihan

WolvCast

Aplikasi Android gratis buatan anak Negeri terakhir ini lebih bersifat entertaining. WolvCast adalah aplikasi Android dengan fungsi utama on-demand streaming musik asli Indonesia. WolvCast menghadirkan semacam win-win-solution, pengguna bisa mendengarkan musik secara gratis, dan musisi lokal bisa publish dan mempromosikan hasil karyanya secara gratis.

Dalam Press Release yang diterbitkan oleh pihak pengembang, WolvCast mengklaim hanya tersedia dalam bentuk mobile app (smartphones/tablets) dan streaming only, tidak menyediakan link download demi mendukung kampanye anti pembajakan karya intelektual.

Fitur-fitur seperti pengguna bisa mengomentari dan memberikan rating pada sebuah lagu, most listened song, most rated song, dan new entry song melengkapi aplikasi Android gratis ini.

Google Play link: WolvCast

Comment di sini