Teraccota, Objek Wisata Menakjubkan di China, Xi’an

by
August 11th, 2014 at 10:13 am

CiriCara.com – Negara tirai bambu atau China merupakan sebuah negara yang sangat maju dari sisi teknologi, industri maupun ekonominya. Begitu pula dalam sektor pariwisata. Setiap tahunnya, jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi negara China semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tempat wisata bersejarah yang menarik minat para wisatawan untuk datang mengunjungi negara ini.

prajurit china

Teracotta – flashpackatforty

Salah satu objek wisata yang banyak dijadikan destinasi oleh para turis adalah Terracota di Povinsi Xi’an yang lebih dikenal dengan sebutan Bing Ma Yong oleh penduduk sekitar. Pasukan Teraccota atau prajurit Teraccota adalah kumpulan koleksi dari 8.000 tentara, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin, Qin Shi Huang.

Mengapa Teraccota ini istimewa?

Pembangunan patung-patung ini dilakukan selama 36 tahun dan tiap patung memiliki detil yang sangat halus. Selayaknya wajah manusia sungguhan, tiap patung prajurit di Teraccota memiliki wajah yang berbeda satu sama lain, tidak ada wajah yang sama antara satu patung dan patung lainnya. Beberapa percaya bahwa patung prajurit yang dibangun di teraccota menggambarkan wajah asli seseorang, sehingga tidak ada patung yang memiliki wajah yang sama dengan yang lainnya.

Tidak hanya wajah para prajuritnya, tiap patung kuda yang berada di teraccota juga berbeda satu sama lain. Sekilas jika kita melihat, kita mungkin tidak merasakan perbedaan yang significant antara satu kuda dan kuda lainnya. Namun, ketika kita berusaha meneliti lebih detil lagi, ada perbedaan yang membedakan patung kuda yang satu dan yang lainnya.

Prajurit dan kuda ini disekat menjadi tiga bagian sesuai dengan posisi terakhir sang prajurit. Ruang pertama berisi pasukan aktif perwira, ruang kedua pasukan cadangan, sementara ruang ketiga berisi rumah-rumah elite 68 komandan dan perwira.

Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur untuk melindungi Qin Shi Huang Di dari kemungkinan serangan musuh yang datang dari arah tersebut di akhirat. Teknik pembuatan patung sehebat ini pun menjadi tanda tanya, apalagi dibuat 2000 tahun silam. Lebih hebat lagi, ketiga ruang prajurit terakota ini hanya menempati sebagian kecil total luas makam.

Menurut catatan sejarah, kaisar Qin Shi Huang merupakan seseorang yang percaya terhadap tahayul. Ia percaya bahwa ketika ia meninggal, maka musuhnya akan ikut ke alam sana. Maka dari itu, ia meminta dibuatkan patung prajurit yang akan mengawalnya siang dan malam saat ia sudah meninggal nanti. Selain itu, kaisar percaya bahwa di kehidupan setelah kematian dia membutuhkan bala tentara untuk menaklukkan kerajaan-kerajaan lain yang ada.

terracotta

Patung kuda – Ist

Tentara Terracotta China merupakan patung unik dan dibuat satu per satu menggunakan tangan. Pasukan prajurit tersebut dibuat untuk melindungi kaisar di alam baka. Patung-patung tersebut aslinya dihias dengan cat berwarna terang, namun setelah 2.000 tahun tersimpan di bawah tanah, sisa-sisa cat itu sudah pudar. Namun, detail wajah dan pakaian patung tentara yang begitu rinci sehingga daerah asal masing-masih tentara tetap bisa dikenali.

Menariknya, pembangunan makam ini merupakan perintah dari Kaisar Qin Shi Huang. Kaisar Qin naik tahta pada 246 SM, saat masih berusia 13 tahun. Pembangunan makam berakhir 36 tahun kemudian. Kaisar Qin Shi Huang Di wafat pada 210 SM dan dimakamkan di dalamnya.

Teraccota yang menakjubkan ini ditemukan pada 1974 oleh sekelompok petani China yang tengah mencoba mengebor sumur. Penemuan tersebut sungguh sangat menakjubkan.

Comment di sini