Ciri-ciri Uang NKRI yang Akan Beredar 18 Agustus

by
August 12th, 2014 at 1:28 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Bank Indonesia (BI) rencananya akan menerbitkan uang kertas baru, yakni uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Uang NKRI ini akan diterbitkan pada 17 Agustus 2014 dan resmi beredar pada 18 Agustus 2014, mendatang.

rupiah

Uang rupiah – Ist

Sama seperti uang kertas lama (yang sekarang beredar), uang NKRI itu nantinya akan memiliki ciri umum sebagaimana diatur dalam UU No 7 tahun 2011 tentang Mata Utang. Namun ada beberapa ciri lainnya yang menjadi pembeda antara uang NKRI dengan uang lama.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan bahwa uang NKRI tersebut memiliki beberapa ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut yang nantinya akan menjadi pembeda uang NKRI dengan uang kertas lama atau uang yang saat ini beredar.

Berikut ciri-ciri uang NKRI yang diungkapkan Ronald Waas:

1. Terdapat tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

2. Terdapat tanda tangan Menteri Keuangan (Menkeu). Pada uang cetakan lama hanya terdapat tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Deputi Gubernur Indonesia.

3. Terdapat gambar pahlawan dan gambar lainnya yang berkaitan dengan budaya Indonesia.

4. Terdapat sejumlah sistem pengamanan agar tidak mudah dipalsukan. Namun Ronald tidak bersedia mengungkap sistem pengamanan seperti apa saja yang ada di uang NKRI tersebut. Ronald khawatir nantinya ada yang memalsukan uang NKRI jika sistem pengamanannya diungkap.

Pengamannya apa saja tentu itu rahasia Bank Indonesia, tidak boleh disebutkan nanti bisa membuat orang bisa memalsukan,” kata Ronald.

Lebih lanjut, Ronald pun menegaskan bahwa uang NKRI tersebut akan tetap bentuk uang kertas bukan plastik. Perusahaan yang ditunjuk untuk mencetak uang baru NKRI itu adalah Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

“Undang-Undang mengatakan pencetakan uang BI menunjuk kepada BUMN, ya tetap Perum Peruri,” jelas Ronald.

Seperti apa uang baru NKRI tersebut? Kita lihat saja nanti!

(YG)

Comment di sini