Ciri Sakit Kepala Karena Tumor Otak

by
August 12th, 2014 at 9:50 am

CiriCara.com – Kebanyakan sakit kepala yang dirasakan oleh masyarakat memang bukan disebabkan karena tumor otak. Namun, meskipun demikian sakit kepala yang muncul tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi ini merupakan sinyal gangguan kesehatan serius.

pemeriksaan otak

Pemeriksaan CT-scan – Ist

Sakit kepala sendiri bisa muncul akibat beberapa faktor pemicu. Diantaranya adalah tingkat stres, migrain, sinusitus, dan juga tumor. Karenanya Anda harus waspada dan mulai belajar membaca sinyal sakit kepala agar pengobatan yang dipilih bisa tepat.

Menurut Dr Gene Barnett, ada beberapa poin penting yang perlu diingat dan bisa dijadikan sinyal peringatan untuk mengetahui apakah sakit kepala yang dialami merupakan gejala tumor otak atau bukan. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari detikHealth:

1. Sakit kepala baru

Anda sebelumnya tidak pernah mengalami sakit kepala namun baru-baru ini mulai mengalaminya. Apalagi jika sakit kepala yang dirasakan berbeda dari sebelumnya, baik tingkat rasa sakitnya maupun lamanya Anda sakit kepala. Ini bisa jadi ciri adanya tumor otak.

2. Muncul gejala lain

Jika saat sakit kepala Anda merasakan gejala lain seperti mual, pusing, muntah, hilang kesadaran atau tiba-tiba pingsan, kejang, kesulitan bicara, kelemahan pada tungkai atau masalah dengan penglihatan tepi, itu bisa jadi ciri adanya tumor otak.

3. Sakit kepala di pagi hari

Jika Anda mengalami sakit kepala mulai di pagi hari dan disertai dengan mual dan muntah, itu bisa jadi ciri tumor otak. Namun sakit kepala di pagi hari yang berlanjut hingga sepanjang hari bisa juga disebabkan karena penyebab lain. Segera periksakan diri Anda.

4. Sakit kepala yang semakin memburuk

Sakit kepala / Brithe

Sakit kepala / Brithe

Apakah Anda mengalami sakit kepala yang muncul semakin lama semakin sering. Mulai dari periode hari, minggu, hingga bulan? Itu bisa jadi ciri-ciri sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak.

Bagi Anda yang merasa sering mengalami sakit kepala, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Meskipun belum tentu disebabkan karena tumor otak, namun tidak ada salahnya jika Anda lebih waspada dan melakukan pengobatan sedini mungkin.

Gejala tumor otak itu sendiri bisa sangat luas dan beragam. Karenanya, diperlukan pemeriksaan dokter untuk memperkuat diagnosa penyebab sakit kepala Anda. Salah satu metode pemeriksaan yang sering dilakukan adalah dengan melakukan CT-scan.

Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini