Mimpi Roy Suryo: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia 2022

by
August 12th, 2014 at 11:29 am

Bali (CiriCara.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memiliki mimpi besar di akhir masa jabatannya. Roy berharap agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah dari pergelaran kompetisi sepakbola, Piala Dunia 2022. Apakah impian tersebut mungkin terwujud?

roy suryo menpora

Roy Suryo – Ist

Menurut Roy Suryo, Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia itu bukan hal yang mustahil. Ia menilai bahwa Indonesia masih mempunyai peluang yang cukup besar untuk jadi tuan rumah pesta sepakbola dunia itu.

“Saya bermimpi tahun 2022 Insya Allah Indonesia menjadi bagian dari penyelenggaraan Piala Dunia. Itu mungkin terjadi kalau Qatar mengundurkan diri,” ujar Roy Suryo, seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (12/8/2014).

Lebih lanjut, Roy menjelaskan bahwa impian menjadikan Indonesia tuan rumah Piala Dunia itu tidak mengada-ada. Roy mengklaim bahwa hal itu sudah diperhitungkan dengan cermat dan diyakini bisa terwujud pada tahun 2022.

“Kalau pemerintah ke depan tidak bisa memperjuangkan, itu dipertanyakan,” ucap Roy yang memang diketahui akan segera melepas jabatannya sebagai Menpora.

Meskipun demikian, Roy mengakui bahwa Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sendirian. Pasalnya FIFA mewajibkan negara tuan rumah Piala Dunia harus memiliki sedikitnya 20 stadion berstandar international.

Untuk itu, Roy pun menilai Indonesia bisa menggandeng sejumlah negara tetangga untuk bekerjasama menggelar Piala Dunia 2022. “Kita bisa bergandengan bersama Malaysia, Thailand, dan negara lain. Mungkin kita bisa menyiapkan 5 stadion,” ujarnya.

Tidak hanya Piala Dunia, Roy pun mengaku mempunyai impian Indonesia bisa menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan kejuaraan F1. Berdasarkan hasil kajiannya saat di Australia dan Sepang, Malaysia, Roy mengatakan bahwa Indonesia mungkin saja membangun sirkuit F1.

“Tidak ada yang tidak mungkin bagi Indonesia. Doakan Indonesia sukses,” kata Roy yang juga merupakan politisi Partai Demokrat.

(YG)

Comment di sini