6 Minggu Tenggelam di Laut, Ponsel Ini Masih Hidup

by
August 13th, 2014 at 3:28 pm

Gothenburg (CiriCara.com) – Kebanyakan ponsel atau smartphone yang beredar di pasaran saat ini tidak bisa bertahan jika jatuh atau tenggelam ke dalam air. Memang ada smartphone yang mengklaim bisa bertahan di dalam air, tapi itu pun hanya dalam waktu tertentu saja.

sony

Sony Xperia Z2 yang retak akibat tenggelam di laut selama 6 minggu – Ubergizmo.com

Namun smartphone Sony Xperia Z2 milik Alexander Maxen ternyata masih tetap hidup meski sudah tenggelam 6 minggu di dasar laut. Padahal Xperia Z2 hanya didesain bisa bertahan terendam di dalam air tawar (bukan air laut) dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (13/8/2014), Maxen yang merupakan seorang pemain ski air asal Gothenburg, Swedia sengaja menjatuhkan Xperia Z2 miliknya ke dalam laut saat ia tengah liburan di laut. Setelah sampai di pantai, Maxen dan teman-temannya mencoba menelepon ponsel tersebut dan ternyata masih bisa dihubungi.

Karena Maxen tidak membawa peralatan menyelam, akhirnya ponsel tersebut pun tidak diambil dan dibiarkan tenggelam di dasar laut. Setelah sekitar 6 minggu kemudian, ponsel itu kembali ditemukan oleh teman Maxen yang menyelam di lokasi yang sama.

Mengejutkan! Meskipun mengalami sejumlah kerusakan eksternal seperti panel belakang yang retak dan baterai habis total, ponsel tersebut masih bisa berfungsi dengan baik. Ponsel keluaran Sony ini bahkan masih bisa melakukan proses booting dengan sempurna.

sony xperia z2

Sony Xperia Z2 masih berfungsi meski tenggelam 6 minggu – Ist

Temuan tersebut jelas sangat mengejutkan Maxen dan teman-temannya. Pasalnya secara teori, Sony Xperia Z2 dengan setifikat IP55/58 hanya dapat bertahan selama 30 menit di dalam air (tawar), itupun hanya di kedalaman 1,5 meter.

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya atau tepatnya pada tahun lalu, smartphone Sony Xperia V masih bisa berfungsi dengan baik meski telah 4 hari terendam di dalam laut. Jelas ini tidak pernah diperhitungkan sebelumnya.

(YG)

Comment di sini