7 Gaya Hidup Sehat Ibu Hamil

by
August 13th, 2014 at 11:47 am

CiriCara.com – Peringatan umum bagi wanita hamil adalah bahaya dari alkohol, rokok dan keju yang belum melewati proses pasteurisasi memiliki konsekuensi serius bagi pertumbuhan dan perkembangan calon bayi mereka.

Pasteurisasi adalah sterilisasi parsial makanan melalui sebuah proses pemanasan yang menghancurkan mikroorganisme berbahaya tanpa perubahan besar dalam kimiawi dari makanan.

ibu hamil

Ibu hamil – Sangobion.co.id

Namun sebenarnya masih ada hal lain yang perlu diperhatikan. Ada banyak hal yang harus diatur dengan benar, atau akan menimbulkan masalah.

Menjaga berat badan saat hamil

Obesitas wanita hamil meningkatkan resiko seorang wanita terkena diabetes gestasional atau persalinan premature, disertai dengan resiko obesitas dan diabetes pada calon bayi. Penelitian terbaru juga telah menemukan kaitan antara berat badan wanita saat hamil dengan resiko anak terkena asma.

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang terjadi selama masa kehamilan, dan sifatnya sementara.

Sebuah studi yang dipublish Januari 2013 lalu menemukan bahwa sekitar 12% dari 1.100 anak yang lahir dari ibu obesitas telah sering mengalami pernafasan berbunyi (mengi/bengek) pada usia 14 bulan, dibandingkan dengan kurang dari 4% anak yang lahir dari ibu dengan berat badan normal.

Dr Jennifer Wu, seorang OB-GYN di Lenox Hill Hospital New York mengatakan bahwa olahraga teratur dapat membantu. Bahkan jika ibu tidak aktif berolahraga sebelum hamil, mereka harus berusaha untuk berjalan, setidaknya selama 20 menit, empat kali seminggu.

Kurangi minum kopi

Dokter dan peneliti telah mengetahui bahwa asupan kafein yang tinggi selama kehamilan dapat membahayakan janin, tapi mengenai seberapa banyak kafein dapat membahayakan telah menjadi subyek dari banyak perdebatan.

The American College of Obstetricians dan Gynecologists menyarankan bahwa wanita hamil harus membatasi diri maksimal 200 miligram kafein setiap hari, setara dengan dua cangkir kopi. Jadi, apabila Anda memang harus minum kopi, usahakan kurang dari 6 ons perhari. Itu berarti setengah dari gelas Starbucks ukuran tall.

Hindari menjadi perokok pasif

Hidup di “lingkungan rokok” telah lama dikaitkan dengan asma dan masalah pernapasan pada anak. Tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa paparan asap rokok saat bayi masih berada di rahim dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Pil antidepresan

Menurut studi terbaru, meminum obat antidepresan saat hamil memiliki dampak permanen pada janin yang sedang berkembang. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI), yang terkandung pada obat antidepresan tertentu, selama kehamilan dapat dikaitkan dengan resiko tinggi keguguran, cacat lahir, kelahiran premature dan masalah perilaku, termasuk autisme.

Kondisi kesehatan mental, yang umumnya bisa diraih dengan antidepresan, memang penting pada masa kehamilan. Cara ideal adalah melalui konseling, bukan obat-obatan. Tetapi apabila memang Anda membutuhkan obat antidepresan, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi.

Comment di sini