Ingin Tukar Uang NKRI? Begini Caranya

by
August 13th, 2014 at 4:22 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan mulai beredar pada tanggal 18 Agustus 2014, mendatang. Nantinya secara bertahap uang baru NKRI tersebut akan menggantikan uang lama atau yang saat ini beredar. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang NKRI?

uang rupiah

Rupiah – Ist

Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan bahwa peredaran uang NKRI akan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sejumlah bank. Dengan melakukan transaksi tarik tunai di ATM, maka masyarakat akan mendapatkan uang baru NKRI bukan uang lama.

Namun, menurut Ronald, tidak semua ATM yang ada di Indonesia akan menyediakan uang NKRI. Pasalnya peredaran uang NKRI masih bertahap dan tidak bisa dilakukan secara serentak di semua daerah.

Tapi jangan khawatir, ada cara alternatif untuk masyarakat yang ingin mendapatkan uang NKRI tanpa melalui ATM. Menurut Ronald, masyarakat bisa menukarkan langsung uang lama dengan uang NKRI ke pihak bank terdekat.

“Jadi orang kalau menukar di bank baru diberikan (uang NKRI),” jelas Ronald.

Sementara itu, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Pieter Yakobs menjelaskan bahwa tidak semua uang lama akan diganti dengan uang NKRI. Proses penggantian uang lama dengan uang NKRI itu pun akan berlangsung secara bertahap.

“Pola penggantiannya kita keluarkan uang baru dan uang lama diambil secara perlahan tapi tidak semua diganti hanya yang lusuh atau jelek saja. Jadi uang yang lama masih beredar hanya diganti yang rusak saja,” jelas Pieter.

Baca juga: Ciri-ciri Uang Baru NKRI.

Seperti diberitakan Liputan6.com, Rabu (13/8/2014), BI baru akan mengenalkan satu pecahan uang NKRI dalam bentuk Rp 100 ribu. Nantinya BI akan mengeluarkan uang NKRI pecahan lainnya namun secara bertahap sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Seperti apa “tampang” dari uang baru NKRI itu? Kita lihat saja nanti.

(YG)

Comment di sini