Cara Agar Bisa Bekerja di Luar Negeri

by
August 14th, 2014 at 2:30 pm

CiriCara.com – Bekerja di luar negeri entah itu di Korea Selatan, Jepang dan negara lainnya memang sangat menggiurkan. Apalagi gaji yang diperoleh pekerja di luar negeri jauh lebih besar dibanding gaji pekerja di Indonesia. Kamu ingin bekerja di luar negeri?

kerja ke luar negeri

Kerja ke luar negeri – Ist

Untuk bisa bekerja di luar negeri tentu tidak mudah. Butuh kesabaran karena kamu tidak bisa berangkat ke luar negeri begitu saja, butuh waktu yang cukup lama, bulanan atau bahkan tahunan. Belum lagi kamu harus mengikuti berbagai tes sebelum dinyatakan lulus.

Apakah kamu masih tertarik untuk bekerja di luar negeri? Jika iya, berikut ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu mewujudkan mimpi untuk bekerja ke negara yang kamu inginkan. Simak baik-baik ya!

1. Kumpulkan informasi

Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, tanya pengalaman orang yang sudah pernah ke negara yang ingin kamu tuju. Setidaknya informasi ini akan memberikan gambaran kehidupan seperti apa yang akan kamu hadapi jika bekerja di sana.

2. Ikut pendidikan

Setelah hati terasa mantap dan yakin, sekarang kamu bisa mulai memilih lembaga pendidikan atau tempat diklat yang tepat. Di sini kamu akan diajarkan beberapa hal, seperti bahasa negara yang ingin dituju dan pelajaran lainnya. Tentunya kamu pun harus membayar.

3. Pilih agen terpercaya

Jika sudah menguasai bahasa dan juga mengetahui gambaran kehidupan di negara yang ingin dituju, kamu bisa mulai memilih agen penyalur tenaga kerja terpercaya dan resmi. Atau bisa juga minta referensi dari orang yang sudah bekerja di luar negeri untuk memilih agen mana yang bagus. Di sini kamu juga akan kembali menjalani sejumlah tes.

bingung menentukan pekerjaan

Meikirkan uang lembur – Ist

4. Dana atau biaya

Modal untuk bekerja ke luar negeri itu tidak sedikit, terutama modal biaya. Biasanya biaya ini akan diminta oleh agen dengan alasan untuk pembuatan visa dan paspor beserta tiket pesawat. Besarnya biaya berbeda-beda, sesuai negara yang dituju. Pastikan kamu memiliki biaya yang cukup agar keberangkatan kamu tidak tertunda.

5. Siapkan mental

Bekerja di luar negeri itu berbeda dengan bekerja merantau ke kota lain yang masih berada di Indonesia. Kamu tidak bisa pulang begitu saja dengan alasan tidak betah. Kalau kabur, kamu pasti akan dikenai denda. Itulah sebabnya kamu harus siap mental.

Demikian beberapa cara atau hal yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat ke luar negeri untuk bekerja. Ada baiknya juga meminta pendapat keluarga agar lebih yakin.

(YG)

Comment di sini