Ini “Tampang” Uang Baru NKRI

by
August 14th, 2014 at 4:47 pm

Jakarta (Ciricara.com) – Setelah ramai diberitakan sejumlah media, akhirnya “tampang” uang baru Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) muncul juga. Uang baru pecahan Rp 100 ribu ini rencananya baru akan diperkenalkan Bank Indonesia (BI) pada 17 Agustus 2014, mendatang.

rupiah

Uang rupiah – Ist

Dari foto yang beredar, penampakan uang NKRI ternyata tidak jauh berbeda dari uang lama atau uang yang saat ini beredar. Mulai dari segi warna dan juga gambar pahlawan yang dipakai pun masih sama seperti uang lama.

Namun menurut Deputi Dewan Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, ada beberapa perubahan yang jadi pembeda antara uang NKRI dengan uang lama. Selain perbedaan secara fisik, uang NKRI pun diklaim akan lebih sulit untuk dipalsukan.

Perbedaan yang paling mencolok adalah adanya tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan pada uang lama sebelumnya hanya ada tulisan Bank Indonesia. Di salah satu sisi uang NKRI juga mendapat perubahan warna kuning keemasan.

Lihat gambar di bawah ini untuk melihat perbedaannya:

uang nkri

Perbandingan uang lama (atas) dengan uang NKRI (bawah) – Foto dok. Ilyas Istianur P/Liputan6.com

Selain itu, pada uang NKRI juga terdapat tanda tangan Menteri Keuangan dan Gubernur BI. Sedangkan pada uang lama hanya terdapat tanda tangan Gubernur BI dan juga Deputi Gubernur BI.

Berikut gambar uang NKRI dan titik mana saja yang mengalami perubahan:

uang nkri 2014

Perubahan-perubahan di uang NKRI – Liputan6.com

(YG)

Comment di sini