Ahok: Sekolah di Jakarta Tetap Senin Sampai Jumat

by
August 15th, 2014 at 9:04 am

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan bahwa hari masuk sekolah di Jakarta tetap 5 hari, yakni hari Senin sampai hari Jumat. Hal ini sekaligus membatalkan rencana yang semula akan jadi 6 hari masuk sekolah.

basuki tjahaja purnama

Ahok – Ist

“Jadi kita putuskan dari jabaran manfaat kita putuskan dari pendapat orang, terpaksa (hari masuk sekolah) tetap Senin sampai Jumat. Itu kan haknya daerah, itu otda (otonomi daerah),” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (14/8/2014) sore kemarin.

Ahok mengakui, keputusan 5 hari masuk sekolah itu tentu akan berpengaruh pada jam mata pelajaran sekolah. Dalam rapat sudah diputuskan adanya penambahan waktu 1,5 jam sehingga para siswa nantinya akan pulang lebih lama.

Karenanya, Ahok meminta para guru untuk mengawasi anak didiknya. Terutama untuk sekolah yang masuk siang, guru harus memastikan keamanan siswanya saat pulang sekolah. Karena penambahan 1,5 jam itu bisa membuat siswa yang masuk siang jadi pulang malam.

“Kalau sampai sore, saya minta wali kelas perhatikan anak didiknya, makannya gimana di kantin. Pulang sekolah sampai malam, takutnya tidak makan. Terus anak-anak SMP, khususnya perempuan, bagaimana keamanannya saat pulang sekolah. Makanya kami dorong mereka pakai aplikasi Safetipin, kalau dia punya HP Android atau apa,” ujar Ahok.

Aplikasi Safetipin adalah aplikasi smartphone yang bisa diunduh gratis yang berfungsi untuk memberikan informasi terkait kondisi suatu wilayah.

Menurut Ahok, pemaikaian gedung untuk dua sekolah di Jakarta memang masih menjadi salah satu kendala tersendiri. Pasalnya karena gedung yang tidak memadai, terpaksa pihak sekolah harus membagi jam masuk sekolah, yakni pagi dan siang.

Untuk mengatasinya, Ahok mengaku sudah menawarkan pihak yayasan pemilik gedung untuk menjual gedungnya ke pihak Pemprov DKI. Menurutnya, dengan demikian Pemprov DKI bisa melakukan pembangunan sehingga tidak ada lagi sekolah yang masuk siang.

“Gimana yayasan yang tidak mampu kami tawarkan jual kepada kami saja, biar kami beli. Biar kita beli tanah luas, kita bangun. Kita akan percepat sampai tahun depan untuk pembangunan gedung-gedung sekolah,” ujar Ahok.

Kebijakan masuk sekolah 5 hari ini akan langsung berlaku mulai Kamis (14/8/2014), kemarin. Ahok sudah meminta Disdik DKI Jakarta untuk segera memberitahukan kepada seluruh sekolah di Jakarta.

(YG)

Comment di sini