Cara Mencegah Terjadinya Bayi Kembar Siam

by
August 15th, 2014 at 10:43 am

CiriCara.com – Bagi sebagian pasangan suami istri, kehadiran bayi kembar jelas memberikan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Apalagi bayi kembar sering kali menarik perhatian, dipuji dan tentunya akan menambah keramaian di dalam rumah tangga Anda.

bayi kembar

Bayi kembar – Ist

Hanya orang yang memiliki riwayat keturunan kembar di keluarganya yang bisa memiliki bayi kembar. Tak heran mereka yang punya bayi kembar akan merasa bangga dan gembira. Apalagi jika mereka dikaruniai anak kembar yang sehat.

Namun, kehamilan kembar seringkali membuat ibu was-was akan menimbulkan masalah. Salah satunya yang belakangan ini mulai banyak terjadi adalah lahirnya bayi kembar siam atau kembar dempet dimana kondisi badan bayi menempel pada saudara kembarnya.

Kembar siam ini bisa terjadi karena adanya kegagalan zigot bayi kembar identik yang gagal dalam pembelahan, sehingga pembelahan tidak sempurna. Kelahiran bayi kembar siam disertai dengan adanya kelainan pada organ tubuh bayi. Pada umumnya kembar siam mengalami dempet di bagian panggul, kepala, dada, atau perut.

Untuk itu, Anda yang berpotensi melahirkan bayi kembar sebaiknya melakukan tindakan pencegahan mulai dari sekarang. Berikut cara mencegah terjadinya bayi kembar siam:

1. Hindari obat-obatan

Bagi Anda yang merencanakan kehamilan kembar sebaiknya hindari konsumsi obat-obatan. Pasalnya, obat yang dikonsumsi saat hamil itu bisa memicu bayi kembar siam. Jika nanti Anda sakit dan harus minum obat, pastikan obat tersebut aman untuk dikonsumsi dan tidak mengganggu perkembangan bayi. Karenanya, sangat penting menjaga kesehatan selama kehamilan agar Anda tidak perlu minum obat.

ibu hamil

Ibu hamil – Ist

2. Mencukupi nutrisi

Bayi kembar siam bisa terjadi karena nutrisi selama kehamilan tidak tercukupi. Karenanya, Anda harus mencukupi asupan nutrisi agar perkembangan bayi bagus, terutama saat usia awal kehamilan. Anda bisa mendapatkan nutrisi alami dari makanan yang dimakan setiap harinya. Jika ingin menkonsumsi suplemen atau obat, sebaiknya minta saran dokter dulu.

3. Kenali tanda kehamilan

Beberapa ibu tidak sadar dia sedang hamil dan pada akhirnya meminum obat-obatan tertentu yang justru bisa berpengaruh pada perkembangan janin. Untuk itu, Anda harus tahu betul ciri-ciri awal kehamilan sehingga Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Bayi lahir kembar siam memang bisa dipisahkan dengan cara operasi. Namun sebelum semuanya terjadi, ada baiknya jika Anda melakukan upaya pencegahan. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini