Bali Butterfly Park, Wisata Alam Seribu Kupu-Kupu

by
August 18th, 2014 at 1:19 pm

CiriCara.com – Memiliki kesempatan berwisata ke Pulau Dewata, Bali namun bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Cobalah menjajal salah satu dari beberapa destinasi wisata alam yang juga dapat dijadikan pilihan menarik untuk mewarnai liburan Anda.

Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata terpadat di Indonesia memang menawarkan berbagai macam jenis destinasi pariwisata, mulai dari keindahan pantai, keunikan budaya, hingga tujuan wisata berbasis alam. Jika Anda menggunakan jasa penyedia layanan wisata untuk menjelajahi pulau ini, Pantai Kuta, Ubud, dan Nusa Dua merupakan beberapa destinasi yang termasuk dalam jajaran rekomendasi wajib untuk dikunjungi. Namun, bila Anda adalah penggemar wisata alam, sudah beberapa kali mengunjungi Bali dan mulai bosan dengan hiruk-pikuk obyek pariwisata padat pengunjung, maka Taman Kupu-kupu bisa menjadi salah satu alternatif Anda.

Taman Kupu-Kupu Bali (Bali Butterfly Park) merupakan obyek wisata yang terletak di Kabupaten Tabanan. Resmi beroperasi sejak tahun 1996, Taman Kupu-Kupu mengemban dua misi penting yaitu menggiatkan industri pariwisata terutama di Kabupaten Tabanan dan mendukung pembentukan cagar alam dalam upaya konversi lingkungan, dalam hal ini tentu spesifik bagi ordo Lepidoptera yaitu kupu-kupu dan ngengat.

Mengunjungi Taman Kupu-Kupu, Anda tidak hanya akan disuguhi dengan pertunjukan warna-warni serangga ini dalam bentuk awetan herbarium. Di taman yang mengambil luas sekitar 3500 meter persegi di Desa Wanasari ini, Anda dapat menikmati secara langsung aksi terbang ribuan kupu-kupu di habitat alamnya. Kupu-kupu yang ditangkarkan disini berasal dari berbagai spesies, baik lokal yang sering kita temui sehari-hari hingga spesies langka dengan karakteristik yang menawan. Beberapa spesies langka dari habitat liar di Amerika Latin dan Asia Selatan juga didatangkan guna semakin memperkaya jenis yang dimiliki taman ini. Sebagai sebuah tempat penangkaran kupu-kupu, taman ini didukung dengan lingkungan alam yang kondusif sehingga sarana yang menunjang taman ini adalah berupa jaring yang dipasang dengan ketinggian yang sesuai dan modifikasi ruang yang tidak akan mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati kupu-kupu.

kupu-kupu

Kupu-kupu di Butterfly Park, Bali – Ist

Bagi Anda yang memiliki anak, Taman Kupu-Kupu juga dapat dijadikan pilihan wisata edukasi. Di taman ini, terdapat tempat pembiakan kupu-kupu yang dipertunjukkan secara bebas bagi pengunjung. Di bagian penangkaran ini, dipertunjukkan tahap perkembangan kupu-kupu dalam berbagai level metamorfosis. Anak-anak akan sangat terhibur sekaligus mendapat ilmu mengenai perubahan kupu-kupu dan ngengat mulai dari tahap bertelur, menetas menjadi ulat, membentuk kepompong, dan bila beruntung Anda dapat menyaksikan proses keluarnya kupu-kupu dari dalam kepompong, dimana proses ini tidak terjadi setiap hari. Selain itu, kita juga dapat berinteraksi secara langsung dengan kupu-kupu berbagai ukuran dan warna. Tentunya hal ini sayang untuk dilewatkan terutama bagi yang gemar mengunggah foto di sosial media.

Puas menikmati keindahan kupu-kupu hidup dan alam penangkarannya, kita dapat berpindah ke area yang memamerkan aneka herbarium serangga lengkap dengan keterangan nama dan habitat aslinya. Jangan khawatir untuk menghabiskan waktu di taman ini karena tersedia tempat peristirahatan yang juga menjual aneka penganan yang letaknya disekitar obyek wisata. Bila ingin membawa oleh-oleh, berbagai kerajinan yang bernuansa kupu-kupu bahkan berasal dari kupu-kupu yang diawetkan dapat dibeli di tempat ini.

butterfly park

Taman kupu-kupu di Bali – Ist

Taman Kupu-Kupu Bali sangat mudah diakses, dengan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam dari Kuta ataupun pusat Kota Denpasar. Bila Anda memiliki rencana satu hari dengan rangkaian wisata, Anda dapat mengkombinasikan tempat ini dengan mengunjungi obyek wisata persawahan Jati Luwih di daerah Penebel, dilanjutkan dengan Taman Kupu-Kupu, kemudian diakhiri dengan melihat matahari terbenam di Tanah Lot. Tempat pemandian Yeh Panes juga terletak dekat dengan Taman Kupu-Kupu. Jadi, tunggu apa lagi? Hanya dengan merogoh uang tiket masuk sebesar Rp 75.000,- untuk dewasa dan Rp 30.000,- untuk anak-anak, Anda sudah dapat menikmati kedekatan berinteraksi dengan kupu-kupu di habitat alamnya.

Selamat berwisata!

Comment di sini