Bendera Hanya Naik Setengah Tiang, Paskibra Menangis

by
August 18th, 2014 at 11:22 am

Gorontalo (CiriCara.com) – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-69 di Provinsi Gorontalo, sempat diwarnai insiden bendera “setengah tiang”. Hal ini pun membuat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas menangis.

bendera Indonesia

Bendera Merah Putih – Ist

Kejadian tersebut terjadi saat upacara HUT RI di halaman rumah dinas Gubernur Gorontalo, Minggu (17/8/2014) kemarin. Awalnya upacara berlangsung khidmat, hingga akhirnya tiba pada sesi pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas Paskibra.

Saat pengibaran inilah tiba-tiba tali yang mengikat bendera Merah Putih tidak bisa bergerak karena diduga tersangkut di katrol. Padahal saat itu bendera baru naik setengah tiang. Paskibra pun memutuskan menurunkan kembali bendera tersebut dan melipatnya, agar penghormatan bendera selesai dilakukan.

Kemudian Paskibra kembali mencoba menaikan bendera untuk kedua kalinya, tanpa diiringi lagu Indonesia Raya serta tanpa penghormatan. Namun sayang, bendera tetap tidak bisa dinaikan secara penuh dan hanya bisa sampai setengah tiang saja.

Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf. Blasius Popilus yang juga ikut turun tangan mencoba menaikan bendera tersebut pun tidak bisa berbuat apa-apa. Karena khawatir tali terputus dan bendera terjatuh, akhirnya bendera dibiarkan berkibar setengah tiang.

Atas insiden tersebut, Dandim pun meminta maaf kepada seluruh peserta upacara termasuk masyarakat Gorontalo. “Tidak ada pihak yang harus disalahkan, sepenuhnya ini adalah kesalahan saya,” katanya, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (18/8/2014).

Sementara itu, para anggota Paskibra langsung menangis usai upacara. Mereka merasa sedih karena gagal mengibarkan bendera Merah Putih hingga ke tiang puncak.

Meskipun demikian, pelaksanaan HUT RI ke-69 di Provinsi Gorontalo tersebut tetap berjalan dengan lancar dan aman. Meskipun ada insiden “bendera setengah tiang”, upacara tetap berlangsung dengan khidmat.

Berikut video dari metrotvnews.com:

(YG)

Comment di sini