Cara Mengatasi Masalah Rambut Rapuh

by
August 19th, 2014 at 2:44 pm

CiriCara.com – Setiap orang terutama kaum wanita tentu ingin memiliki rambut yang lebat, indah, dan juga sehat. Namun tidak semua orang dikaruniai rambut yang lebat dan sehat, ada juga orang yang memiliki rambut tipis dan pada akhirnya mudah patah atau rapuh.

rambut rapuh

Rambut rapuh dan mudah patah – Ist

Bagi kaum wanita, rambut adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Tak heran banyak diantara mereka yang sering pergi ke salon hanya untuk melakukan perawatan rambut agar lebih sehat. Mungkin Anda termasuk salah satunya.

Memiliki rambut tipis dan rapuh tentu menjadi masalah tersendiri buat Anda. Mulai dari rasa tidak nyaman karena rambut terus patah, hingga muncul kekhawatiran akan ancaman kebotakan karena rambut Anda rapuh. Harus bagaimana?

Berikut ada beberapa cara mengatasi rambut rapuh:

1. Shampo atau kondisioner

Rambut rapuh/mudah patah bisa disebabkan karena menurunnya jumlah keratin pada batang rambut. Keratin adalah protein alami yang melapisi batang rambut agar lebih kuat. Untuk mengatasinya Anda bisa memakai shampo dan kondisioner yang mengandung keratin.

2. Masker rambut

Rambut rapuh bisa disebabkan karena rambut mengalami dehidrasi atau kekeringan. Anda bisa memakai masker rambut untuk menjaga agar rambut tetap lembap. Masker rambut ini bisa Anda beli atau buat sendiri, yakni dengan bilasan santan, minyak kelapa, minyak zaitun, yogurt, madu, telur, pisang, alpukat, dan mayones. Anda harus telaten agar hasilnya maksimal.

3. Memijat kulit kepala

Kebanyakan orang lupa merawat kulit kepala dan fokus pada rambut. Padahal memijat kulit kepala juga bermanfaat untuk membuat rambut tetap kuat. Stimulasi pemijatan ini juga berguna untuk melancarkan nutrisi pada akar rambut sehingga batang rambut jadi kuat. Anda bisa memijat-mijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa, zaitun, almond, atau minyak wijen. Bungkus rambut dengan handuk dan biarkan sesaat, setelah itu bilas sampai bersih.

CiriCara: Cara Alami Atasi Rambut Berketombe4. Hindari produk styling

Untuk tampil cantik dan gaya, biasanya para wanita memilih menggunakan produk styling seperti mousse atau hairspray. Hal ini ternyata juga bisa menyebabkan rambut jadi rapuh, karena produk styling tersebut mengandung bahan kimia yang bisa merusak rambut.

5. Pola makan sehat

Asupan nutrisi yang baik tidak hanya berdampak untuk tubuh tapi juga untuk kesehatan rambut. Karenanya, buat Anda yang memiliki masalah rambut rapuh sebaiknya terapkan pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral agar rambut jadi kuat dan sehat.

Itulah lima cara merawat rambut rapuh. Semoga bermanfaat! (YG)

Comment di sini