Ciri-ciri Anak Anda Sedang Berbohong

by
August 21st, 2014 at 2:19 pm

CiriCara.com – Mungkin Anda sudah sering mendengar pernyataan bahwa anak kecil itu jujur dan tidak bisa bohong. Namun nyatanya, banyak juga anak kecil yang malah pandai dalam berbohong. Sampai-sampai para orangtua sering tertipu oleh wajah polos mereka.

anak-anak

Anak suka berbohong – Ist

Yang jadi masalah adalah jika kebiasaan berbohong pada anak itu berlanjut sampai dia besar atau dewasa. Tentu hal ini tidak akan baik, Anda sebagai orangtua bisa saja dicap tidak becus dalam mengurus dan mendidik anak.

Karenanya, Anda para orangtua harus lebih waspada. Nasehati anak jika dia ketahuan sering berbohong, entah itu kepada Anda maupun kepada teman-temannya. Tapi bagaimana cara mengetahui anak itu berbohong atau tidak?

Berikut ciri-ciri anak sedang berbohong:

1. Mengalihkan pandangan

Anak yang sedang berbohong biasanya tidak akan berani menatap mata orangtuanya. Dia cenderung mengalihkan pandangan dan tidak mau melakukan kontak mata. Melalui kontak mata itu bisa menjadi cara untuk mengetahui apakah anak berbohong atau tidak.

2. Sering menyentuh wajah

Perhatikan gerak-gerik anak saat dia berbicara. Jika dia sering melakukan gerakan menyentuh salah satu bagian wajah secara berulang, itu bisa jadi ciri kalau dia sedang berbohong. Gerakan-gerakan tersebut ia lakukan untuk menetralisir perasaan tak tenang dalam hatinya.

3. Terlihat berpikir

Anak yang sedang berbohong biasanya saat bercerita akan terhenti beberapa detik seperti orang yang tengah berpikir. Ini bisa jadi dia sedang mengarang cerita sendiri namun belum hapal, sehingga dia sering terhenti dan berpikir saat bercerita.

anak berbohong

Anak Suka Bohong – Ist

4. Mengalihkan pembicaraan

Mungkin Anda pernah bertanya kepada si kecil, “tadi kamu yang ngambil uang mama ya?”. Lalu si kecil menjawab “tidak”, tapi kemudian dia mengalihkan pembicaraan, misalnya dengan meminta makan atau mandi. Ini bisa jadi dia tengah berbohong. Dia sengaja mengalihkan pembicaraan agar Anda tidak mencecarnya lagi.

5. Tersenyum

Saat anak Anda bercerita mengenai temannya yang menangis di sekolah, coba Anda perhatikan raut wajahnya. Jika saat Anda perhatikan, dia tiba-tiba terhenti bercerita dan tersenyum atau memalingkan wajahnya, ini ciri kalau dia berbohong. Bisa jadi yang menangis adalah dirinya, bukan temannya.

Jika mengetahui anak suka berbohong, tugas Anda adalah menasehatinya. Anda tidak boleh marah. Nasehati anak Anda dengan lembut agar dia tahu bahwa berbohong itu tidak baik dan dilarang agama. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini