Perokok Dilarang Melamar CPNS 2014

by
August 21st, 2014 at 11:31 am

Jakarta (CiriCara.com) – Kabar buruk bagi Anda para perokok. Pasalnya, muncul usulan agar perokok dilarang melamar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014, khususnya CPNS untuk formasi di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

berhenti merokok

Berhenti merokok – Ist

Ide pelarangan perokok melamar CPNS tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Pasalnya saat ini masih banyak PNS yang sudah bekerja di Kemenkes tapi ternyata masih melakukan kebiasaan merokok.

Jangan terima pegawai-pegawai (PNS) kesehatan yang perokok. Malu-malukan saja,” kata Nafsiah di sela acara penghargaan Lomba Sekolah Sehat di Jakarta, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (21/8/2014).

Lebih lanjut, Nafsiah mengaku ngeri melihat data riset terhadap perokok belia pada tahun 2013. Pasalnya, dalam riset itu diketahui bahwa 18,3 persen anak usia 15-19 tahun adalah perokok. Ia menilai hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas kesehatan masyarakat di masa mendatang.

Wajar saja jika nanti banyak kasus stroke di usia 30 tahun sampai 40 tahun,” jelas Nafsiah.

Nafsiah pun berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak merokok. Pasalnya, rokok bisa menyebabkan sejumlah penyakit. Ia berharap agar masyarakat mau menjalankan pola hidup sehat dan tetap berolahraga.

“Pesan saya jangan merokok, mengatur gizi, dan olahraga rutin,” kata Nafsiah.

Untuk saat ini, ide pelarangan perokok melamar CPNS masih sekadar usulan dan baru akan diterapkan dulu di lingkungan Kemenkes. Mengenai teknisnya akan kembali dibahas dengan panitia pengadaan seleksi CPNS tahun 2014.

Diharapkan nantinya pelarangan perokok melamar CPNS juga akan diterapkan di lembaga atau instansi lain yang membuka formasi CPNS baru, khususnya untuk formasi tenaga medis. Meliputi posisi atau formasi dokter, perawat, bidan, dan sejenisnya.

Menurut Nafsiah, pemerintah memang harus melakukan upaya pencegahan agar para perokok di Indonesia tidak semakin banyak. “Edukasi untuk tidak merokok perlu sistematis dan teratur,” ujarnya.

(YG)

Comment di sini