Cara Membuat Lukisan 3D dengan Resin

by
August 22nd, 2014 at 2:46 pm

CiriCara.comLukisan 3D atau tiga dimensi memang selalu membuat orang yang melihatnya takjub. Apalagi lukisan-lukisan tersebut terlihat seperti nyata dan bahkan bisa menyerupai makhluk hidup aslinya. Mau tahu cara membuat lukisan 3D?

lukisan ikan 3d

Lukisan 3D karya Riusuke Fukahori – Ist

Salah satu teknik membuat lukisan 3D adalah menggunakan cairan resin. Teknik melukis 3D dengan resin ini dikenalkan oleh seniman asal Jepang bernama Riusuke Fukahori. Dia sukses menciptakan efek 3 dimensi dalam karyanya dengan bantuan cairan resin.

Karya yang dibuat Riusuke Fukahori umumnya bertemakan hewan yang hidup di air. Hal ini karena cairan resin itu sendiri menciptakan efek 3D seperti air, sehingga lukisan tersebut akan terlihat seperti berada di air sungguhan.

Berikut cara atau tahapan membuat lukisan 3D dengan resin:

1. Tempat melukis

Berbeda dengan lukisan biasa yang memakai kertas, untuk membuat luksan 3D dengan resin ini tempat yang digunakan berupa kotak kayu, bambu, box, bahan kaca, atau mangkuk. Karenanya, cat yang dipakai untuk melukis pun adalah cat akrilik.

2. Teknik melapis

Lukis beberapa bagian dasar ikan, seperti sirip. Buatlah semirip mungkin dengan sirip ikan aslinya. Setelah itu, tuangkan cairan resin secara merata dan tunggu hingga kering. Lalu, lukis kembali di atas resin yang sudah kering tersebut hingga membentuk ikan yang utuh, lapisi kembali dengan risin.

3. Teliti dan sabar

Untuk bisa membuat lukisan 3D ini kamu harus teliti agar tidak salah saat melukis. Kamu juga harus sabar karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat lukisan ini tidak sedikit. Hati-hati juga saat menuangkan resin agar tidak mengenai tangan.

Berikut beberapa karya Riusuke Fukahori:

lukisan 3d

Lukisan ikan 3 dimensi karya Riusuke Fukahori – Ist

lukisan ikan 3d

Riusuke Fukahori tengah melukis – Ist

lukisan tiga dimensi

Lukisan 3 dimensi karya Riusuke Fukahori – Ist

Berikut video cara membuat lukisan ikan 3D dengan lapisan resin:

(YG)

Comment di sini