Pantai Pandawa, Wisata Alam Berbudaya Lokal

by
August 22nd, 2014 at 3:46 pm

CiriCara.com – Akhir-akhir ini, masyarakat kita terutama dari kalangan ibu-ibu dan remaja putri tengah menggandrungi salah satu serial drama kolosal produksi India, Mahabaratha. Selain karena disuguhi dengan cerita epik yang sebelumnya telah terkenal dalam versi cerita pewayangan, tentu saja para pemain yang terlibat sebagai pemeran utama juga turut menjadi magnet penarik bagi segmen penonton wanita. Ya, siapa lagi bila bukan kakak beradik Panca Pandawa. Diperankan oleh pemain pilihan dengan paras tampan dan tubuh atletis, kelima Pandawa serta merta menjadi idola baru penikmat film ini. Ingin bertemu langsung dengan Pandawa? Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke India, karena di dalam negeri pun Anda dapat mendatanginya. Pantai Pandawa, walaupun ada dalam bentuk pantai namun pesonanya dijamin tidak kalah dengan Panca Pandawa.

Pantai Pandawa, Bali

Nama Pantai Pandawa memang baru mencuat dalam beberapa tahun terakhir ini. Selain karena penamaannya yang memang baru disematkan dalam dekade ini, lingkungan pantai yang terletak di Bali selatan ini memang juga baru rampung dari segi konstruksi. Sebelumnya, pantai yang terletak di Kecamatan Kutuh, Kabupaten Badung, Bali ini dikenal dengan nama Secret Beach, dikarenakan letaknya yang tersembunyi di balik tebing-tebing yang menjulang di bagian selatan Pulau Dewata.

Pantai Pandawa menawarkan wisata pantai yang berbeda dibandingkan dengan pantai lain di Bali. Letaknya yang tersembunyi tidak menyulitkan akses ke tempat ini. Justru sebelum tiba di pantai, perjalanan menuju lokasi Pantai Pandawa menyuguhkan keindahan berupa tebing-tebing tinggi yang seakan mengapit jalan aspal yang dilalui.

Tidak cukup dipukau oleh tebing di sepanjang jalan, begitu tiba di areal pantai, Anda akan dibuat terpukau oleh keindahan dari patung-patung yang menjadi dasar penamaan pantai ini. Ya, patung kelima Pandawa; Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa. Menariknya, patung-patung tersebut tidak berdiri begitu saja seperti patung kebanyakan. Kelima patung Pandawa tersebut dibangun di dalam cerukan yang dibuat khusus dan lansung pada tebing-tebing kapur yang memang merupakan identitas alam daerah tersebut.

Tidak hanya kelima patung tokoh pewayangan yang dapat dinikmati di Pantai Pandawa. Anda harus siap basah bila mengunjungi pantai ini karena pasir putih yang halus dan air laut yang jernih akan membuat Anda sulit menahan diri untuk masuk ke dalamnya. Aktivitas renang masih menjadi favorit pengunjung yang terdiri dari wisatawan domestik dan asing, dan tentu saja warga lokal Bali. Selain itu berbagai aktivitas air yang lain juga dapat Anda nikmati dengan fasilitas berbayar seperti kano dan paragliding. Daratan pantai yang landai akan membuat Anda lebih nyaman berwisata bersama keluarga terutama bila liburan Anda menyertakan anak-anak.

secret beach

Pantai Pandawa – Ist

Tidak ingin berbasah-basahan? Anda dapat menikmati sinar matahari Bali di atas kursi-kursi pantai. Selain itu, tersedia area yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang terletak di dalam areal pantai. Bila bosan menikmati pantai, Anda juga dapat mengunjungi lingkungan sekitar untuk melihat petani rumput laut mengolah hasil panennya. Selain itu Pantai Pandawa juga terkoneksi dengan pantai-pantai lainnya yang dapat Anda jelajahi dengan berjalan kaki. Dan tentu saja, Anda tidak perlu merogoh saku terlalu dalam untuk menikmati Pantai Pandawa karena hanya dengan tiket masuk Rp 15.000,- untuk mobil, Anda sudah dapat memasuki areal pantai.

Pantai Pandawa merupakan salah satu pilihan tepat menghabiskan sisa sore dalam liburan Anda. Selain lokasinya berdekatan dengan wisata Uluwatu dan Garuda Wisnu Kencana, lokasi pantai ini dapat dicapai dalam kurang dari satu jam dari arah Bandara Ngurah Rai maupun Nusa Dua.

Jadi tunggu apa lagi, keindahan alam pantai dengan nuansa budaya lokal keteladanan Panca Pandawa, di Pantai Pandawa tempatnya.

 

Comment di sini